-->

Komisi II Apresiasi Kebijakan Akhyar Kurangi Uang Sekolah

Kamis, 16 April 2020 / 21.05
MEDAN, KLIKMETRO - Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan yang membidangi pendidikan, mengapresiasi Plt Walikota Medan Ir Akhyar Nasution yang merespon keluhan orang tua siswa terkait pengurangan uang sekolah swasta di Kota Medan. Akhyar diharapkan memberikan kebijakan untuk membantu beban para orang tua siswa.

“Kebijakan Pemko Medan pantas diapresiasi dan pihak sekolah harus merespon dengan baik. Kondisi sekarang harus saling mengerti dengan situasi musibah Coronavirus 2019 (Covid-19),” ujar anggota Komisi II, Afif Abdillah kepada wartawan, Kamis (16/4/2020).

Disampaikan Afif, kondisi seperti saat ini sangat dibutuhkan peran aktif Pemko Medan. Pemerintah diharapkan memberi solusi bagi masyarakat Medan yang terkena dampak Covid-19. “Jangankan untuk biaya pendidikan untuk biaya makan sehari hari sudah kesulitan,” paparnya.

Menurut politisi NasDem ini, Kebijakan Plt Walikota Medan untuk pengurangan uang sekolah swasta kiranya segera diumumkan. Hal itu guna mengobati keresahan dan beban pikiran orang tua siswa yang saar ini stay at home.

“Kita di DPRD Medan juga sudah melakukan rapat bersama para pimpinan DPRD Kota Medan bersama OPD Pemko Medan tentang penganggaran dana dari pergeseran pos mata anggaran masing-masing OPD yang tujuannya untuk penanganan COVID-19,’ terang Afif.

Diakui oleh Afif, memang sudah ada beberapa pengelola sekolah swasta di Kota Medan yang telah mengeluarkan kebijakan dengan memberikan diskon uang SPP kepada orangtua murid, namun melihat kondisi kehidupan dan perekonomian di Kota Medan yang masih banyak dibawa rata-rata mampu, sehingga agar seluruh sekolah serentak dapat memberikan bantuan keringanan uang sekolah ataupun menggratiskan biaya sekolah.

Selain itu, Ketua DPD Partai NasDem Kota Medan ini juga mengapresiasi langkah positip usulan Antonius D Tumanggor, wakil ketua fraksi Partai NasDem DPRD Kota Medan yang sejak awal telah menggerakkan hati para pengelola sekolah swasta untuk membantu meringankan beban orangtua murid dalam hal keringanan uang SPP di sekolah.

“Kita dorong, agar secepatnya, setelah kajian dilakukan Plt Walikota Medan, mengeluarkan surat keputusan yang ditujukan kepada dinas pendidikan Medan untuk diteruskan dan diikuti ke setiap sekolah-sekolah baik negeri dan swasta agar menggratiskan uang SPP kepada murid mereka,”ucapnya.

Sebelumnya, Plt Walikota Medan Ir Akhyar Nasution menyebutkan, dirinya sudah menyampaikan kepada Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan Masrul Badrin supaya mentabulasi sekolah swasta di Medan. “Sedang didata sekolah swasta dan kemampuan pihak sekolah tersebut. Karena gak mungkin sama kemampuan pihak sekolah,” ujar Akhyar seraya memaklumi keluhan orang tua siswa kesulitan bayar uang sekolah akibat dampak Covid-19.(mar)
Komentar Anda

Terkini