-->

Pemko Medan Secepatnya Terapkan Cluster Isolation

Rabu, 22 April 2020 / 20.26
Plt Walikota Medan Ir Akhyar Nasution.
MEDAN, KLIKMETRO - Satu orang lagi warga Kota Medan positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Dengan demikian jumlah total warga yang positif Covid-19 menjadi 63 orang. Sebelumnya, jumlah warga yang positif terpapar penyakit mematikan tersebut 62 orang.  Dengan terjadinya pertambahan ini, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menginstruksikan kepada seluruh warga wajib mengenakan masker di mana pun berada.

Bertambahnya jumlah warga Kota Medan yang positif Covid-19 menjadi 63 orang berdasarkan data yang dilansir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Medan hingga Selasa (21/4/2020) pukul 20.30 WIB. Dari 63 orang warga yang positif Covid-19 tersebut, 13 orang diantaranya sembuh, 7 orang meninggal dan 43 orang masih dirawat.

Masih berdasarkan data, warga yang masuk dalam status pasien dalam pengawasan (PDP) dan saat ini menjalani perawatan sebanyak 84 orang. Selanjutnya, warga yang masuk dalam status orang dalam pemantauan (ODP), tercatat saat ini masih ada 96 orang yang masih dalam pemantauan. Lalu, 616 orang warga yang masuk kategori pelaku perjalanan (PP) masih dalam pemantauan. Serta, 234 orang lagi yang masuk kategori orang tanpa gejala (OTG) masih dalam pemantauan.

Ketika membagikan sembako bersama Satuan Lingkungan Respon Dampak (Salink Redam) Covid-19 kepada warga di Masjid Wakaf Jalan Pematang Pasir Lingkungan VII, Kelurahan Tanjung Mulia Hilir, Kecamatan Medan Deli, Rabu(22/4) siang jelang petang, Akhyar pun mengakui pertambahan warga yang positif Covid-19 bertambah. Hanya saja ungkapnya, pertambahan itu tidak massif dan  masih terkontrol. 

“Kota Medan tidak akan melaksanakan PSBB tetapi akan menerapkan Cluster Isolation. Sebab, warga yang positif Covid-19 dan PDP sudah terisolasi di rumah sakit. Sedangkan bagi warga yang masuk ODP, OTG dan PP masih berkeliaran. Melalui Cluster Isolation ini, mereka lah nanti yang akan kita isolasi agar tidak berkeliaran lagi sehingga rentan menularkan virus corona di tengah-tengah masyarakat,” jelas Akhyar.

Dijelaskan Akhyar, Cluster Isolation ini akan secepatnya diterapkan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Saat ini terangnya, draf Perwal tentang Cluster Isolation sedang dipersiapkan. “Insya Alllah begitu draf perwalnya selesai, maka kita akan menerapkan Cluster Isolation. Insya Allah dengan Cluster Isolation ini, semoga kita dapat mengatasi Covid-19,” harapnya. (rel)
Komentar Anda

Terkini