-->

14 Karyawan Brastagi Supermarket Terindikasi Virus Corona

Selasa, 19 Mei 2020 / 19.51
Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Medan melakukan rapid test pada seluruh karyawan Brastagi Supermarket.
MEDAN, KLIKMETRO - Pasca beredarnya kabar seorang karyawan Brastagi Supermarket di Medan, Sumatera Utara (Sumut), dinyatakan positif Virus Corona (Covid-19), Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Medan melakukan rapid test kepada seluruh pegawai, Selasa (19/5/2020). Karyawan yang dinyatakan positif tersebut saat ini tengah menjalani perawatan di rumah sakit.
Mendengar kabar tersebut, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Medan yakni Dinas Kesehatan Kota Medan melakukan Rapid Test kepada 108 karyawan Brastagi Supermarket Jalan Gatot Subroto Medan. Satu persatu karyawan bergantian masuk ke dalam gudang yang berada di Jalan Panci, Medan Petisah untuk dilakukan rapid test. 
Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan dr Edwin Effendi menjelaskan bahwa hari ini ada sekitar 108 karyawan yang dilakukan rapid test. Ke 108 karyawan tersebut akan terus dipantau perkembangannya. Apalagi mereka satu tempat kerja yang pastinya terjadi kontak fisik antara satu sama lain, terutama yang dekat sama karyawan yang positif tersebut. Jika diperlukan untuk melakukan pemeriksaan ulang, akan dilakukan.
"Jadi ini ada kasus yang dari keluhan awal dilakukan pemeriksaan hingga dilakukan swab ada pegawai yang Covid-19 positif. Atas dasar itu, kita harus melakukan tracing melacak semua kawan-kawannya yang kontak erat dengan kasus positif tadi. Atas dasar itu kita lakukan pelacakan untuk semua yang berhubungan dengan yang bersangkutan. Baik di tempat tinggalnya atau di tempat kerjanya," jelas Edwin.
Terbukti, dari hasil pemeriksaan 108 karyawan tersebut, ditemukan hasil 14 karyawan yang positif berdasarkan hasil rapid test. Ke 14 karyawan ini selanjutnya akan dilakukan swab test untuk lebih memastikan lagi apakah terindikasi Virus Corona atau tidak.
Dalam kesempatan tersebut, Edwin mengungkapkan jika ke 14 karyawan tersebut dinyatakan positif usai menjalani test selanjutnya yakni pemeriksaan swab, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Medan juga akan melakukan rapid test di tempat tinggal pegawai yang hasil swabnya positif. "Kami juga akan melakukan rapis test di tempat tinggal karyawan yang dinyatakan positif usai menjalani pemeriksaan ini," sebut Edwin.

Belum Positif, Tunggu Uji Swab

Sementara, Kuasa Hukum Brastagi Supermarket, Sarma Hutajulu SH saat memberikan keterangan pers mengatakan, ada 108 yang ikut rapid test, hasilnya 14 reaktif covid-19. Tapi perlu diketahui itu bukan berarti positif covid-19, karena harus melalui uji swab lagi. Atas temuan ini managemen sudah mengambil inisiatif untuk memperketat protokol kesehatan kepada setiap pengunjung," ujar Sarma, Selasa (19/5/2020).

Lanjutnya lagi, ke-14 karyawan yang dinyatakan reaktif covid-19 usai mengikuti rapid test sudah pulang ke rumah masing-masing untuk menjalani isolasi mandiri.
"Brastagi Supermarket akan tetap beroperasi dengan mengedepankan protokol kesehatan yang diatur pemerintah," ungkapnya. (mar)
Komentar Anda

Terkini