-->

Akhyar Lakukan Rapid Test Secara Drive Thru di RS USU

Selasa, 09 Juni 2020 / 21.16
Plt Walikota Medan Akhyar Nasutio melakukan rapid test secara drive thru yang diselenggarakan RS USU.
MEDAN, KLIKMETRO - Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi melakukan rapid test secara drive thru yang diselenggarakan Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (RS USU) di pelataran Parkir  Timur RS USU Jalan Dr Mansyur Medan, Selasa (9/6/2020). Rapid Test ini terselenggara karena banyaknya sumbangan dari donatur kepada RS USU yang bertujuan membantu masyarakat melakukan screening diri sejak dini.

Pada kesempatan tersebut, Akhyar mengucapkan terima kasih sekaligus mengapresiasi atas pelaksanaan rapid test massal gratis kepada masyarakat. Akhyar juga mengatakan, Pemko Medan juga sedang melakukan rapid test kepada jajarannya terutama Aparatur Pemerintahan pada garis terdepan camat, lurah, puskesmas, dan kepala lingkungan. Setelah selesai melakukan rapid test selektif bagi aparatur pemerintah, selanjutnya akan dilakukan rapid test kepada masyarakat. 

Ditambahkannya, rapid test akan diutamakan pada kecamatan yang tingkat penularannya tinggi. "Sudah terjadi pergerseran penularan di Kota Medan, sekarang penularan tertinggi itu ada di Kecamatan Medan Area, kemudian Medan Denai. Disini potensi eksponensialnya besar sekali karena memang kehidupan masyarakat disana rumahnya padat, kehidupannya ramai jadi kami akan fokus kepada kecamatan-kecamatan yang menjadi pusat penularan yang tinggi di Kota Medan," jelas Akhyar.

Terkait penerapan new normal di Kota Medan, Akhyar mengatakan sampai saat ini Pemko Medan belum menetapkan Kota Medan masuk ke era new normal. "Untuk saat ini Kota Medan belum memasuki era new normal seperti beberapa kota lainnya di Sumut dan Indonesia. Itulah kita berharap dengan membangun sebuah kultur baru, sebuah budaya baru sehingga kita bisa menuju keadaan new normal tersebut," harap Akhyar.

Sementara itu, Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof DR Runtung Sitepu SH Mhum mengatakan rapid test ini digelar untuk membantu masyarakat dan mengetahui sejak dini warga yang terindikasi Covid-19. Perlu diketahui, tambah Rektor USU, rapid test ini merupakan bantuan dari pihak ketiga yakni Perguruan Tinggi Tridarma dengan tujuan untuk membantu masyarakat dan pemerintah dalam mencegah penularan Covid-19 di Medan.

Runtung mengungkapkan, sejak Senin (8/6) mulai pukul 09.00 Wib - 12.00 Wib RS USU melaksanakan rapid test massal secara gratis dan ada sekitar 200 orang. Ini merupakan salah satu bentuk dari pengabdian untuk masyarakat. Ada 2 cara untuk melakukan rapid test, yakni dengan cara drive thru dan pemeriksaan ditempat. "Masyarakat hanya cukup membawa KTP dan nanti ada petugas atau satpam yang mengarahkan baik untuk drive thru maupun pemeriksaan ditempat. Hasil dari rapid test ini akan langsung diberikan hari itu juga,''pungkasnya. (rel)
Komentar Anda

Terkini