Jelang PSB, DPRD Minta Sekolah Ringankan Beban Orangtua

Rabu, 03 Juni 2020 / 20.08
MEDAN, KLIKMETRO - Menjelang penerimaan siswa baru (psb) di sekolah-sekolah yang ada di Kota Medan, diharapkan pihak yayasan tidak memberati orangtua siswa dengan berbagai ragam pembiayaan, baik itu biaya pembangunan, dana sosial dan lainnya.

"Hal itu mengingat banyaknya orangtua terdampak Covid-19 saat ini. Kondisi ekonomi saat ini banyak yang terganggu,"kata Ketua DPRD Medan Hasyim SE, Rabu (3/6/2020).

Dia menambahkan, dengan kondisi seperti sekarang ini, hendaknya seluruh pihak bisa saling membantu terutama kepada warga yang terdampak Covid-19. Kalau dipaksakan juga dengan banyaknya biaya, dikhawatirkan banyak anak yang tidak sekolah karena ketiadaan biaya.

"Hal itu perlu dicermati pemerintah, agar mengeluarkan edaran ke seluruh sekolah, baik swasta maupun negeri agar tidak mengutip banyak dana dari orangtua di saat ini," ujar Politisi PDI Perjuangan itu.

Senada juga disampaikan Ketua Komisi IV DPRD Medan Paul Mei Anton Simanjuntak. Dia menyebutkan, adanya keringanan yang diberikan kepada orangtua siswa saat ini, sudah sangat membantu. “Jangankan untuk uang sekolah, pembangunan dan lainnya, untuk makan saja banyak warga yang sudah kesulitan,” ujar Paul.

Terutama kepada yayasan sekolah swasta, diharapkan bisa toleransi terhadap kondisi saat ini dengan memberi kebijakan untuk mendiadakan sejumlah biaya agar banyak siswa bisa melanjutkan pendidikannya. Seperti mempergunakan buku yang dipakai tahun lalu dan tidak membeli buku baru agar biaya bisa ditekan.

Paul juga mengingatkan agar masyarakat lebih berhemat untuk mengurangi biaya. Misalnya, tidak usah membeli baju baru dan memakai baju tahun sebelumnya yang masih layak. "Berhematlah dan tetap jaga kesehatan,"pungkasnya. (mar)
Komentar Anda

Terkini