Tertibkan Pukat Trawl, Wabup Sergai Akan Hibahkan Kapal Patroli

Kamis, 30 Juli 2020 / 13.07
Wabup Sergai H Darma Wijaya menghadiri acara  Jamu Laut Masyarakat Desa Sentang, Kecamatan Teluk Mengkudu.
SERGAI, KLIKMETRO - Wakil Bupati Serdang Bedagei H Darma Wijaya akan menghibahkan kapal patroli untuk menertibkan pukat trawl (pukat harimau) yang marak di perairan Kabupaten Sergai. Hal ini menjawab aspirasi nelayan pada acara Jamu Laut Masyarakat, Desa Sentang Kecamatan Teluk Mengkudu yang dihadiri Wabup Sergai, Minggu (26/7/2020) lalu.

"Industri kelautan dan perikanan hingga saat ini masih menjadi lini strategis yang cukup diperhitungkan, oleh karenanya profesi nelayan menjadi ujung tombak dalam industri penangkapan ikan. Akan tetapi terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh para pencari biota lautan ini. Kehadiran pukat harimau ini mengancam kesejahteraan masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat. Atas permasalahan inilah, tergerak untuk membeli Kapal Patroli, kemudian akan dihibahkan kepada nelayan Desa Sentang Kecamatan Teluk Mengkudu,''kata Darma Wijaya, Rabu (29/7/2020).

Dia berharap, dengan adanya kapal patroli dapat memberikan pengamanan dan rasa aman bagi para nelayan tentunya. Selain itu ekosistem laut tidak akan terganggu sehingga keutuhan ekosistem laut, dan kesejahteraan masyarakat pesisir laut dapat terjaga.

"Saya akan berupaya keras demi kesejahteraan masyarakat Sergai. Saya akan melakukan pencetakan sawah di sekitar masyarakat pesisir, jika seorang suami tengah melaut, maka istri akan ke sawah,''ujar Darma seraya menyebutkan, beberapa waktu yang lalu juga melakukan pencetakan sawah seluas 20 Hektar di Kecamatan Tebing Tinggi. Program cetak sawah ini telah berhasil, saat ini persawahan tersebut telah selesai ditanam. Kedepannya akan dilakukan hal serupa di sekitaran pesisir pantai di Sergai.

Dalam kesempatan yang sama, tokoh masyarakat Sergai menyampaikan bahwa pertanian yang dibangun dan digagas oleh Wabup Sergai patut mendapat apresiasi. "Oleh karenanya, rencana kedepan untuk membuka pencetakan sawah baru di pesisir pantai hendaknya dapat kita dukung bersama-sama,''kata tokoh masyarakat. (rel)
Komentar Anda

Terkini