Bupati Sergai Apresiasi Pengukuhan PAMOR dan Panen Padi Organik

Selasa, 04 Agustus 2020 / 22.11
Bupati Sergai Ir H Soerkiman mengapresiasi pengukuhan PAMOR dan panen padi organik di Desa Tanah Merah, Perbaungan.
PERBAUNGAN, KLIKMETRO - Bupati Serdang Bedagei Ir H Soekirman menghadiri pengukuhan Penjaminan Mutu Organik Serdang Bedagai (PAMOR Sergai) dan Panen Padi Organik yang berlangsung di Dusun C, Desa Tanah Merah, Kecamatan Perbaungan, Selasa (4/8/2020).

Dalam sambutannya, bupati menyambut baik kegiatan tersebut dan berharap jadi momentum bangkitnya pertanian organik di Kabupaten Serdang Bedagai.

“Saya melihat apa yang dikerjakan PAMOR bukanlah janji, tapi bukti. Sebab baru beberapa hari diletakkan batu pertama pembangunan lantai jemur, hari ini sudah selesai dan akan kita resmikan. Untuk itu saya apresiasi, saya berikan kepada PAMOR serta ucapkan selamat atas apa yang telah diperbuat. Apa yang sudah baik agar dilanjutkan, dan yang belum baik agar diperbaiki,” puji Soekirman.

Ia mengatakan, jika nanti Sergai layak disebut sebagai Kabupaten Organik, hal tersebut adalah kerjasama dan kerja keras semua pihak yang ikut terlibat.

“Kedepannya kita juga butuh pemimpin yang bukan hanya memahami perkembangan teknologi, namun juga berpikiran luas serta memiliki jaringan pemasaran yang hebat agar nantinya petani organik di Sergai ini dapat sejahtera. Kita menggalakkan pertanian organik ini agar masyarakat Sergai selalu sehat karena mengkonsumsi makanan yang dihasilkan lewat cara sehat dan berkualitas,” harapnya.

Ketua PAMOR Sergai, Jumino, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bupati Sergai pada pengukuhan lembaga ini.

“Kami mengapresiasi perhatian dan kepedulian Bupati pada sektor pertanian termasuk budidaya padi organik. Dengan bimbingan dan bantuan Bupati beserta jajaran, kekompakan dan kesolidan sesama anggota PAMOR, kedepannya semoga seluruh petani di Sergai dapat bersama-sama menggalakkan budidaya padi organik. Selain pemasaran yang sudah tersedia, budidaya padi organik ini lebih hemat biaya sehingga dapat lebih membantu perekonomian petani,” pungkasnya.

Sementara itu Direktur BITRA Indonesia, Rusdiana, mengungkapkan jika PAMOR merupakan organisasi petani yang membidangi penjaminan mutu padi organik.

“BITRA konsen pada pertanian organik di sini karena Kabupaten Sergai ini dinilai potensial dalam pengembangan padi organik, terlebih Sergai adalah anggota ALGOA yang merupakan organisasi internasional negara-negara yang menerapkan padi organik. BITRA mempunyai peran untuk memasarkan produk beras organik karena memiliki jaringan pemasaran yang luas,” sebutnya.

BITRA juga, kata Rusdiana, melakukan gerakan untuk mengubah mindset petani agar mulai beralih menanam padi organik. “Memang prosesnya perlahan namun kami optimis kedepannya akan lebih banyak petani Sergai yang bergabung menanam padi organik.  Pada kesempatan itu, BITRA juga akan menyerahkan bantuan alat kemas dan kemasan padi organik serta jamu untuk menjaga kesehatan petani.

Terakhir Kades Tanah Merah, Ruslan, menyampaikan rasa senang dan terima kasih atas kehadiran Bupati Sergai, Yayasan BITRA Indonesia serta ucapan selamat atas pengukuhan kepengurusan PAMOR Sergai.

 “Ucapan terima kasih kepada Bupati Sergai atas bantuan lantai jemur yang telah selesai serta telah digunakan oleh masyarakat sehingga kami berharap yang baik terus dilanjutkan dan yang belum baik agar diperbaiki,” pungkas Ruslan.

Selain pengukuhan kepengurusan PAMOR Sergai, kegiatan hari ini juga diisi dengan syukuran peresmian lantai jemur dan panen padi organik. Turut hadir pula dalam kegiatan ini para Asisten, jajaran Kepala OPD, Camat Perbaungan Drs. Benny Saragih, MM, serta Pengurus PAMOR Sergai beserta jajaran dan para undangan. (rel)
Komentar Anda

Terkini