-->

Belajar Ternak Lembu dan Bertani Kentang, Komisi II DPRD Dairi Kunker Ke Karo

Jumat, 23 Oktober 2020 / 22.17

Rombongan Komisi II DPRD Dairi kunker ke Kabupaten Karo untuk mengetahui teknologi pertanian guna mendukung ketahanan pangan di masa pandemi covid-19. 

KARO, KLIKMETRO - Untuk meningkatkan pengetahuan petani/peternak di Kabupaten Dairi, Komisi II DPRD Dairi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Karo. Kunker ini juga bertujuan untuk mengetahui teknologi pertanian sekaligus berkonsultasi dan kordinasi dengan Dinas Pertanian Karo guna mendukung Ketahanan Pangan (Ketapang) di masa pandemi Covid-19, Jumat (23/10/2020).

Kedatangan lima orang anggota dewan Dairi, masing-masing Rasiden Damanik, Lisbet Lumban Tobing, Riduan Hasbi Sagala, Jonner Gurning dan Nasib M. Sihombing diterima Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karo Ir. Metehsa Karo-karo dan membawanya ke taman Obor Pangan Lestari (Opal).

Komisi II mendapat masukan dalam pengembangan teknologi pertanian untuk mendukung ketahanan pangan dalam menjalankan usaha pertanian masyarakat di Kabupaten Dairi.

Beberapa komoditi pertanian dan hewan turut dibahas dalam pertemuan ini. Namun ketertarikan anggota dewan Dairi untuk diimplementasikan kepada masyarakat petani adalah pertanian kentang, karena iklim dan kelembaban Dairi, hampir mirip dengan Karo. Sehingga pertanian kentang sangat cocok di kedua daerah dan menyampaikan ketertarikan petani dalam menggerakkan usaha peternakan lembu di Karo.

Pada intinya, petani peternak dapat meningkatkan usaha peternakan lembu dengan sistem inseminasi buatan (IB). Peternak dapat memanfaatkan modal pinjaman ke bank membeli lembu betina dan mengebangkanya dengan IB.

"Tujuannya, selain menggerakkan usaha peternakan lembu, kebutuhan daging sumber protein juga dapat terdukung. Bahkan, limbah ternak lembu ini, dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik pertanian," jelas Kadis Jonner Gurning.

Dia menyebutkan, teknologi pertanian yang diterapkan Dinas Pertanian Karo dalam masa pandemi Covid-19 kepada petani, sangat diapresiasi. (erwin)
Komentar Anda

Terkini