-->

Diguyur Hujan Deras, Sungai Deli Meluap, 532 Rumah Terendam

Minggu, 13 Desember 2020 / 19.35

Musibah banjir terjadi di Medan akibat luapan sungai, beberapa waktu lalu. ft/ist

MEDAN, KLIKMETRO - Banjir setinggi lutut orang dewasa menggenangi permukiman warga yang berada di Jalan Brigjen Katamso Gang Merdeka Kecamatan Medan Maimun Kota Medan, Minggu (13/12/2020). Sebanyak 532 rumah warga terendam banjir di Medan

Kepala Lingkungan (Kepling), Safrizal mengatakan banjir kiriman tersebut terjadi pukul 23.30 Wib menggenangi sedikitnya 532 rumah warga. Luapan sungai Deli mulai naik saat hujan terjadi sekira jam 12 malam. 

Kepling menyebutkan, di lingkungannya merupakan langganan banjir, kerap terjadi selama 58 tahun. Dimulai sejak tahun 1962. Sedikitnya, dalam sebulan wilayah khususnya pinggiran Sungai Deli tersebut sudah terjadi 9 kali dalam bulan Desember.

“Hal ini sering terjadi. Apabila sering hujan di gunung, sehingga mengaliri air yang tidak bisa ditampung Sungai Deli dan mengalir ke pemukiman warga,” ungkapnya.

Sampai saat ini, menurut Safrizal, belum ada penanganan serius dari pemerintah. Ia berharap Pemerintah dapat memperhatikan nasib pinggiran Sungai Deli.

“Sering Pemerintah Kota maupun Provinsi meninjau lokasi ini. Namun, belum ada yang terealisasikan. Kami hanya meminta korek lah sungai itu. Karena sungai itu sudah terlalu dangkal. Mudah-mudahan, setelah dikorek, gak mengalir lagi ke rumah warga,” harapnya. (dig/mar)

Komentar Anda

Terkini