-->

F-Gerindra : Aset PUD Pembangunan Memprihatinkan dan Tak Beri Sumbangsih PAD

Rabu, 30 Desember 2020 / 15.36

Anggota DPRD Medan Siti Suciati.

MEDAN, KLIKMETRO - Fraksi Gerindra DPRD Kota Medan mengatakan saat ini Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pembangunan masih sangat memprihatinkan dan tidak memberi sumbangsih pada Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

"Kondisi PUD Pembangunan Kota Medan pada saat ini sangatlah memprihatinkan. Meski terus merugi dan tidak dapat memberikan keuntungan, namun tetap saja beroperasi," ujar anggota DPRD Medan Fraksi Gerindra Siti Suciati dalam rapat paripurna di kantor DPRD Medan, Rabu (30/12/2020).

Fraksi Gerindra mengimbau agar Pemerintah Kota Medan segera melakukan langkah-langkah jitu dan strategis untuk mengatasi permasalahan ini.

"Dengan terbitnya Perda ini ke depan Perusahaan Umum Daerah ini harus dapat menghasilkan PAD yang signifikan. Fraksi Gerindra meminta agar jajaran direksi Perusahaan Daerah Pembangunan Kota Medan untuk dievaluasi, jika ke depan tidak dapat bekerja secara maksimal untuk meningkatkan kinerja perusahaan," ujarnya.

Suci mengatakan perlu adanya perbaikan tata kelola usaha di perusahaan milik Pemko Medan, sehingga tidak hanya mengandalkan penyertaan modal untuk mengembangkan usaha.

Sebab, kata dia, penyertaan modal hanya mengakibatkan pengendapan dana yang besar, dan tidak bermanfaat banyak bagi perputaran keuangan daerah termasuk percepatan pembangunan.

"Perusahaan Umum Daerah Pembangunan harus melakukan kajian dan memiliki strategi khusus dalam membenahi kebun binatang. Sehingga dapat menarik minat pengunjung. Bertambahnya jumlah pengunjung dipastikan akan menambah penerimaan dari penghasilan," tuturnya.

Untuk itu, kata dia, manajemen PUD Pembangunan harus menjajaki kerjasama dengan pihak investor dan juga penyertaan modal.

Sehingga wahana permainan dan fasilitas pendukung dapat tersedia, juga melakukan kerjasama dengan dinas pendidikan untuk wisata edukasi.

"Sehingga pihak sekolah dan Dinas Pendidikan dapat mendukung sosialisasi sekaligus menambah pengetahuan bagi pihak sekolah," ungkapnya.

Suci juga mengatakan perlu dilakukan kegiatan event berupa perlombaan khususnya hari raya dan hari-hari libur dan dalam rangka peningkatan jumlah pengunjung, dapat juga didirikan rumah souvenir oleh-oleh khas UKM Kota Medan.

Bahkan dapat menambah koleksi miniatur binatang, serta mendirikan pusat jajanan dan selera (pujasera).

"Pemko Medan harus serius dan fokus menangani permasalahan yang ada pada PD Pembangunan Kota Medan ini, sehingga dengan terbitnya Perusahaan Umum Daerah Pembangunan Kota Medan ini nantinya dapat menambah sumber PAD bagi Pemko Medan," pungkasnya. (mar)
Komentar Anda

Terkini