Pengurus KONI Sumut Periode 2021-2025 Dilantik, Gubernur Tekankan Tugas Berat Hadapi PON XX dan XXI

Rabu, 07 April 2021 / 01.04

Gubsu Edy Rahmayadi melantik pengurus Koni Sumut periode 2021-2025.

MEDAN, KLIKMETRO.COM – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menghadiri pelantikan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut periode 2021-2025 di Hotel Santika Dyandra, Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan, Senin (5/4/2021). Pada kesempatan tersebut, kepada pengurus KONI Sumut Gubernur menekankan tentang tugas berat menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2021, serta PON XXI tahun 2024 di Aceh-Sumut.

“Memang berat, tetapi harus kita hadapi. Kita bersyukur karena dalam kondisi Covid-19 kita masih bisa menyiapkan diri untuk berbuat yang terbaik bagi bangsa dan Sumut kita,” sebut Gubernur, didampingi Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah yang juga Ketua Pengprov Taekwondo Indonesia Sumut.

Gubernur menyampaikan sejak tahun 2018 Sumut sudah menyiapkan atlet muda usia 18 hingga 21 tahun untuk mengikuti PON XX. Sekaligus untuk mempersiapkan anak-anak muda dalam menghadapi PON XXI pada tahun 2024  mendatang dimana Sumut sebagai tuan rumah.

“Untuk ini sama-sama kita berjuang untuk meningkatkan prestasi olahraga Sumut. Persiapkan apa yang kita perlukan, dan sudah dikoordinasikan (untuk PON XX dan XXI). Kita pun ditantang untuk bisa masuk lima besar, tetapi kalau bisa kita masuk tiga besar,” imbuh Edy Rahmayadi.

Mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat, hal tersebut menurut Gubsu merupakan tantangan yang perlu disikapi. Untuk itu, Gubernur meminta semua pihak terkait, khususnya KONI selalu berkoordinasi dan mengevaluasi progam kegiatan khususnya dalam menyiapkan olahragawan yang mewakili Sumut.

Sementara itu, prosesi pelantikan berlangsung lancar dengan menerapkan protokol kesehatan. Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman melantik pengurus KONI Sumut periode 2021-2025. John Ismadi Lubis dilantik sebagai Ketua KONI Sumut, bersama Sekretaris Chairul Azmi dan Bendahara Agung Santoso, serta seluruh pengurus lainnya.

Usai dilantik, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis menyampaikan apresiasi dukungan pemerintah provinsi serta KONI kabupaten/kota. Para Pembina dan Penasihat, Ketua KONI Aceh Muzakkir Manaf, KONI Jakarta, Sumbar, Jambi, Kepri, Riau serta pengurus cabang olahraga.

“Masa bakti ini adalah pekerjaan KONI yang paling berat. Karena kita mamasuki dua PON, yakni Papua (2021) dan Aceh-Sumut pada 2024 sebagai tuan rumah. Dengan dukungan pemerintah eksekutif dan legslatif, tugas kami ini menjadi ringan. Apalagi Pak Gubernur telah mendahului (persiapan) dengan menyusun rencana membangun Sport Center sejak 2020 lalu,” terangnya.

Dalam pesan singkatnya, Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman menyampaikan selamat atas dilantiknya John Lubis dan rekan-rekan kepengurusan periode baru ini. Dirinya berharap raihan prestasi bisa ditorehkan di masa ini, dimana ada dua momentum besar yang akan datang yakni PON XX di Papua tahun 2021, serta PON XXI tahun 2024 di Aceh-Sumut.

“Saya melihat dukungan Gubernur-Wakil Gubernur dan DPRD (Sumut) kepada KONI Sumut begitu besar. Jadi tidak ada alasan Pak John (Ketua KONI Sumut) untuk tidak memenuhi harapan Gubernur dan rakyat. Begitu juga dukungnya para Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) serta KONI kabupaten/kota, agar Pak John bisa berbuat untuk provinsi ini,” ujar Marciano.

Dirinya juga berharap prestasi Sumut pada PON sebelumnya di peringkat sembilan besar, dapat lebih baik lagi di PON XX dan XXI mendatang, sehingga bisa memotivasi atlet Sumut. Bahkan ia yang mengaku berharap John Lubis mampu membawa olahraga Sumut masuk 5 besar, dikalahkan dengan kuatnya kemauan Gubernur yang menginginkan posisi 3 besar.

“Terimakasih kepada Gubernur (Sumut) atas dukungannya, sehingga persiapan Sumut menghadapi PON XX (Papua) dalam kondisi yang baik,” sebut Marciano yang menyampaikan bahwa ada beberapa provinsi yang tidak bisa berangkat ke Papua karena masalah anggaran.

Pesan Marciano selanjutnya adalah, agar Sumut bisa menjadi tuan rumah yang baik pada PON XXI mendatang. Mengingat persiapan yang dilakukan tidak hanya untuk olahraga saja, tetapi juga pariwisata. Sehingga provinsi ini bisa menjadi pilihan bagi even Nasional maupun internasional. (rel)

Komentar Anda

Terkini