-->

SPI Wilayah Sumut Sudah Terbentuk dan Susun Kepengurusan

Rabu, 07 April 2021 / 04.43

Rapat kepengurusan SPI Wilayah Sumut di Medan.

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Solidaritas Pers Indonesia (SPI) Wilayah Sumut sudah terbentuk dan menyusun kepengurusan, termasuk AD/ART. Hal ini menindaklanjuti arahan dari Ketua Umum SPI Suriani Siboro pada saat pembentukan DPP SPI di Pekanbaru, beberapa waktu lalu terkait kriminalisasi terhadap insan pers.

Berawal dari panggilan hati nurani sesama insan pers atas dugaan tindakan kriminalisasi yang dialami oleh salah seorang wartawan dalam hal pemberitaan dugaan kasus korupsi dengan terduga seorang oknum penguasa di Kabupaten Bengkalis. Dalam waktu relatif singkat, Solidaritas Pers Indonesia atau yang disingkat dengan SPI telah terbentuk dengan keluarnya SK Menkumham dengan NOMOR AHU-0001912.AH.01.07.TAHUN 2021 sehingga telah berkekuatan hukum tetap dan resmi menjadi satu wadah bersama bagi setiap insan Pers online maupun cetak dimanapun berada.

Untuk pengembangan organisasi oleh DPP SPI yang berkantor pusat di Pekanbaru Riau, dibentuklah di beberapa wilayah Provinsi dan Kabupaten Kota. Salah satu wilayah pengembangan organisasi dibentuklah di Propinsi Sumatera Utara yang mendapatkan dukungan penuh dari setiap insan pers dan pihak pemilik perusahaan pers.

Hal ini terbuktibanyaknya yang hadir dan ingin bergabung dalam keanggotaan SPI. Antusias peserta yang aktif dalam menyampaikan saran dan  menuangkan segala ide-ide demi kemajuan SPI dan demi tercapainya visi misi dari SPI itu sendiri menjadi semangat tersendiri bagi insan pers dan pemilik perusahaan pers yang hadir pada rapat di Medan, Selasa (6/4/2021).

Rapat yang berjalan dengan musyawarah dan mufakat secara aklamasi menunjuk Pardamean Napitupulu sebagai Ketua DPD Sumatera Utara SPI dari Borgol news.com. Sementara sekretaris, Enrolis Manurung SH dari investigasi news.co.dan Netti dari Timsus media cetak online.

Dalam arahannya, Ketua DPD SPI Sumut Pardamean Napitupulu menyatakan apresiasi terhadap rekan-rekan -ers atas dukungan dan loyalitas waktu, tenaga dan pikiran, sehingga turut andil mengikuti rapat pembentukan kepengurusan.

"Terimakasih atas kehadirannya dan meluangkan waktu demi membesarkan SPI yang kita cintai ini. Kita juga mengajak insan Pers dan perusahaan pers yang mau bergabung di Solidaritas Pers Indonesia (SPI) Daerah Provinsi Sumut dapat segera bergabung untuk bersama-sama memajukan dan  mengembangkan SPI tanpa memandang ras, suku, agama maupun golongan,''kata Pardamean.

Dia menambahkan, dalam waktu dekat akan menyusun secara lengkap kepengurusan termasuk bidang-bidang dan divisi kerja. "Sekali lagi saya ucapkan terimakasih. Mari kita saling bersinergis, bekerja sama untuk memberikan perlindungan terhadap insan pers. Stop kriminalisasi pers,"tegas Pardamean Napitupulu

Selanjutnya, acara dilanjutkan diskusi bersama dan penyusunan kepengurusan yang akan dibentuk. Pertemuan berlangsung santai dan akrab dilanjutkan makan bersama dengan tetap mengikuti protokol kesehatan covid-19. (tepu)

Komentar Anda

Terkini