-->

Cegah Penularan Covid-19, Pemko Medan Gencar Patroli Prokes dan Pengawasan PPKM Mikro di Pasar Tradisional

Sabtu, 29 Mei 2021 / 19.49

Pemko Medan bersama TNI dan Polri gencar melakukan patroli prokes dan pengawasan PPKM di pasar tradisional.

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Guna mencegah penularan virus covid-19, Pemko Medan bersama TNI dan Polri gencar melakukan patroli protokol kesehatan dan pengawas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro di pasar-pasar tradisional di kota Medan, Sabtu (29/5/2021).

Patroli ini setiap harinya dilakukan Pemko Medan baik siang maupun malam hari guna memberikan kesadaran bagi masyarakat agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan 5M.

Sebelum melakukan patroli, seluruh petugas terlebih dahulu mengikuti apel bersama di Lapangan Merdeka Medan. Apel dipimpin langsung oleh Plt Inspektur Kota Medan, Laksamana Putra,SH,M.SP. Dimana dalam arahannya Laksamana Putra mengatakan pergerakan penanganan antisipasi penyebaran virus covid-19 semakin hari semakin dinamis. Awalnya penanganan dilakukan dengan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kini telah diubah penanganannya menjadi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro.

"Model penanganan covid-19 kini telah diubah dengan penerapan pembatasan kegiatan masyarakat yang lebih kecil, bahkan semalam Pemko Medan telah menerapkan pembatasan kegiatan masyarakat di lingkungan dengan memberlakukan isolasi di dua lingkungan yang berbeda yaitu di lingkungan 7 Kel. Gedung Johor, Kec. Medan Johor dan lingkungan 10, kel. Tanjung sari, Kec. Medan Selayang,"kata Laksamana Putra.

Kedua lingkungan itu sebut Laksamana Putra terpaksa harus di isolasi mengingat tingginya jumlah masyarakat yang terpapar covid-19 dalam satu lingkungan.

"Sesuai dengan peraturan PPKM mikro jumlah masyarakat yang terpapar diatas 6 rumah dalam satu lingkungan maka lingkungan tersebut dinyatakan zona merah penularan covid-19 sehingga harus dilakukan isolasi lingkungan,"jelas Laksamana Putra.

Dalam arahanya Laksamana Putra juga mengingatkan kepada seluruh petugas agar senantiasa menjaga kesehatan diri dengan tetap rutin menerapkan protokol kesehatan.

"Diharapkan kepada seluruh personil yang bertugas untuk tetap menjaga kesehatan diri dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, jangan pernah abai karena kita adalah insan-insan yang bertugas mencegah penyebaran covid-19 di Kota Medan,"harapnya.

Setelah mengikuti apel seluruh tim yang betugas kemudian dibagi menjadi beberapa rayon. Adapun prioritas sasaran yang dituju yaitu sejumlah pasar tradisional di kota Medan diantaranya Pasar Sambu, Pasar Hindu, Pasar Ikan Lama, Pasar Meranti, Pasar Sukaramai, dan Pasar Setia Budi Tanjung Rejo.

Di sejumlah pasar tradisional tersebut, petugas melakukan patroli dan menghimbau kepada pedagang dan pembeli untuk tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan dengan senantiasa menerapkan 5 M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas serta interaksi. Selain itu petugas juga membagi-bagikan masker kepada para pedagang dan juga pembeli. (kom/mar)

Komentar Anda

Terkini