-->

Dipimpin H Ikhsan, Tim IX Safari Ramadan Pemkab Sergai Kunjungi Masjid Baiturrahman Bandar Khalifah

Rabu, 05 Mei 2021 / 22.51

Pemkab Sergai menggelar safari ramadan dengan menurunkan 17 tim untuk mengunjungi 51 masjid yang tersebar di 17 kecamatan di Kabupaten Serdang Bedagei.

SERDANG BEDAGAI, KLIKMETRO.COM - Mengikuti arahan dari Bupati Serdang Bedagei (Sergai) H Darma Wijaya, tim IX Safari Ramadan melaksanakan kunjungan ke masjid-masjid yang sudah dijadwalkan Pemkab Sergai. Hal ini agar masyarakat dapat mengikuti apa yang disampaikan oleh ulama dan ustadz dalam kegiatan ibadahnya untuk tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19.

Setelah melakukan kunjungan safari ramadan ke Masjid Baitussalam di Dusun III, Desa Lautador, Kecamatan Tebing Syahbandar, Senin lalu (3/5/2021), rombongan Tim IX Safari Ramadan yang dipimpin H Ikhsan AP MSi selanjutnya mengunjungi Masjid Baiturrahman, Kecamatan Bandar Khalifah, Rabu (5/5/2021).

Kunjungan safari ramadhan ini merupakan bentuk kepedulian dan hadirnya pemerintah ditengah masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat ini. Demikian disampaikan H Ikhsan dalam sambutannya di acara yang berlangsung sore itu sembari menunggu waktu berbuka tiba (maghrib).

Lanjutnya lagi, kegiatan safari ramadhan tahun ini sedikit berbeda karena pandemi Covid. Apalagi saat ini Kabupaten Sergai masuk zona Orange, kasus konfirmasi meningkat. Kegiatan ini digelar agar silaturahmi masyarakat dan pemkab semakin erat, selain itu juga kami mengimbau masyarakat agar mematuhi prokes,"ujar H Ikhsan yang menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan dan Desa (PMD) Pemkab Sergai ini.

Didampingi Hj Sri Wahyuni Pancasila Wati, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan yang bertugas sebagai sekretaris di Tim IX Safari Ramadhan Pemkab Sergai, H Ikhsan menyampaikan pesan Bupati Sergai H Darma Wijaya, bahwa program Safari Ramadan untuk memakmurkan Masjid hingga Ramadan berlalu.

Hal ini juga berguna untuk menyerap aspirasi masyarakat sebagai salah satu komunikasi yang bisa dibangun. “Sebanyak 17 Tim ditargetkan mengunjungi 51 masjid yang tersebar di 17 kecamatan di Kabupaten Serdang Bedagai,”paparnya.

Selain itu Pemkab Sergai juga menggalang pengumpulan dan penyaluran zakat harta para PNS di lingkungan Pemkab Sergai. Adapun penyalurannya adalah memberikan apresiasi kepada Bilal mayit sebanyak 1.555 orang dan guru ngaji sebanyak 1.286 orang.

“Hal ini merupakan sebagian kecil dari program Pemerintah Kabupaten Sergai yang berupaya mewujudkan Kabupaten Serdang Bedagai yang Mandiri, Sejahtera dan Religius,”ungkapnya.

Dikesempatan itu juga, disampaikan agar warga patuh dan taat terhadap protokol kesehatan. Karena hingga saat ini, masyarakat Indonesia bahkan warga dunia yang sedang menghadapi pandemi Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19. 

Hal ini juga didukung dengan dilakukan vaksinasi massal secara kompak dan konsisten bagi seluruh masyarakat Indonesia,”ujarnya.

Bupati Sergai menambahkan menjelang Idul Fitri 1442H Pemerintah telah mengeluarkan aturan yang ketat terhadap larangan mudik, maupun larangan bepergian dari luar wilayah tempat tinggal berlaku mulai tanggal 6 Mei hingga 17 Mei 2021.

“Aturan ini dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19. Jika virus Covid-19 tidak menyebar, maka tidak akan ada penduduk yang terpapar,”tutupnya.

Dalam tausiah yang disampaikan penceramah, umat muslim diminta selalu menjaga kesehatan agar terhindar dari wabah covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan, selain mengenakan masker dan mencuci tangan dengan sabun, masyarakat juga diimbau menjauhi kerumunan. Masyakat juga diimbau agar tidak mudik untuk mencegah maupun memutus mata rantai penularan covid-19. 

Adapun rombongan Tim IX Safari Ramadhan Pemkab Sergai terdiri dari Ketua, Sekretaris dan anggota yakni Muradi MPd, Kabid Pemerintahan Desa dan Muslim SE, Kasi Dinas Perikanan dan Kelautan. Sebagai penceramah dalam kegiatan ini, H Zulkarnain Panjaitan SPd dan Arfandi Setiawan SPdi. Ikut serta dalam rombongan Tim IX sejumlah wartawan yang ditugaskan meliput kegiatan Safari Ramadhan Pemkab Sergai.(mar) 

Komentar Anda

Terkini