Tanggapi Tudingan, Wakil Ketua KPK Bantah Pernah Jalin Komunikasi pada Tersangka Walikota Tanjung Balai

Sabtu, 01 Mei 2021 / 00.56

Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar SH MH.

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar SH MH menyatakan tak pernah menjalin komunikasi dengan M Syahrial Walikota Tanjung Balai yang tersangkut di KPK RI.

“Merespon pemberitaan sejumlah media dan pertanyaan rekan-rekan jurnalis mengenai informasi bahwa tersangka Walikota Tanjungbalai MS berupaya menjalin komunikasi dengan Pimpinan KPK untuk meminta bantuan terkait perkara yang dihadapinya, perlu disampaikan, saya tidak pernah menjalin komunikasi dengan tersangka MS terkait penanganan perkara ybs apalagi untuk membantunya dalam perkara yang sedang ditangani KPK,” kata Lili Pintauli SH MH di Medan, Jumat (30/4/2021).

Wanita kelahiran Tanjung Pandan, 9 Februari 1966 yang  dulu aktif di LBH Medan ini menyatakan, sangat menyadari sebagai insan KPK, saya terikat dengan kode etik dan peraturan di KPK yang melarang untuk berhubungan dengan pihak berperkara. Namun demikian, sebagai Pimpinan KPK khususnya dalam pelaksanaan tugas pencegahan saya tidak dapat menghindari komunikasi dengan para kepala daerah. Komunikasi yang terjalin tentu saja terkait dengan tugas KPK dalam melakukan pencegahan supaya tidak terjadi tindak pidana korupsi.

“Posisi saya sebagai pejabat publik sebelum bergabung di KPK membuat saya memiliki jaringan yang cukup luas. Hubungan silaturahmi tersebut tetap terjalin dalam batasan-batasan yang ditentukan oleh aturan. Dalam komunikasi saya dengan siapa pun, khususnya pejabat publik selalu saya ingatkan untuk selalu bekerja dengan baik dan menghindari korupsi,” kata Srikandi Penegakan Hukum lulusan Fakultas Hukum Universitas Islam Sumatera Utara ini.

Ditegaskannya, dia selalu menjaga selektifitas berkomunikasi untuk menjaga harkat dan martabat diri saya sebagai insan KPK maupun marwah lembaga KPK dan memastikan KPK tegas memproses perkara dugaan tindak pidana yang dilakukan oleh tersangka MS dan juga perkara lainnya jika ada yang melibatkan Penyidik KPK SRP, juga dugaan pelanggaran etik yang dilakukan oleh SRP melalui Dewan Pengawas KPK. 

“Penanganan perkara di KPK dilakukan secara profesional yang didasarkan pada kecukupan alat bukti. Jika ada pihak-pihak yang mencoba mengintervensi, sebagaimana telah kami buktikan maka kami akan proses dengan tegas,” jelas Mantan Komisioner Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) RI ini. 

Diakhir statemennya dalam konferensi pers, dianyatakan ini merupakan bagian dari komitmennya sebagai insan KPK untuk tetap menjaga integritas diri demi menjaga harapan publik kepada KPK sebagai lembaga yang dipercaya publik dan memegang teguh integritas.

Kiprah Lili Pintauli Siregar SH MH dalam perjalanan hukum di Indonesia memang amat moncer meski penuh lika liku. Memulai karir hukumnya Konsultan dan Advokat yang banyak berkecimpung dengan kasus hukum masyarakat tak mampu di Sumatera Utara memang meninggalkan cerita seru yang selalu dikenang oleh klien yang dibantunya.

Cerita praktisi ekonomi kreatif di Sumatera Utara Dian Wahyudi misalnya. Semasa berkecimpung di Konsultan Hukum dan Advokat, Lili Pintauli Siregar SH MH banyak yang tak mengutip bayaran. 

“Ibu Lili Pintauli saat pendampigan hukum pada klien nya dulu, sering tak mendapat bayaran. Kalaupun masyarakat bisa membayarnya hanya seadanya, bahkan sering diganti hasil palawija misalnya, seikat kacang panjang, beberapa kilo buah tomat,” kata Dian Wahyudi yang saat ini menjabat Ketua DPW Gabungan Ekonomi Kreatif Indonesia (Gekrindo) Sumatera Utara pada media ini, Jumat (30/4/2021).

Sebagai tokoh usaha kerakyatan yang mengenal sosok Lili Pintauli Siregar sejak puluhan tahun lalu, Dian Wahyudi yang juga Wakil Ketua DPD PJI Demokrasi Sumut ini menilai kinerja Komisioner KPK RI ini sejak aktif di LBH Medan lalu menjabat Komisioner LPSK hingga kini tetap menunjukkan kinerja yang luar biasa, baik keaktifannya dalam upaya pencegahan korupsi maupun doktrin nya atas bahaya korupsi yang harus segera dibumi hanguskan dari perjalanan NKRI.

Dian Wahyudi mengaku, bersama seluruh lapisan Insan KPK dan masyarakat Indonesia siap menjadi garda terdepan atas intervensi-intervensi pihak lain atas perjalanan penuntasan korupsi dan pihak-pihak yang mencoba mencoreng kredibiltas serta nama baik insan KPK.

“Kami bersama seluruh lapisan masyarakat siap menjadi garda terdepan dalam menjaga perjalanan pemberantasan korupsi oleh KPK serta menjaga kredibilitas dan nama baik yang coba=coba mau dicoreng oleh pihak yang tak bertanggungjawab,” tegas sosok muda ini. (rel)

Komentar Anda

Terkini