-->

Dampak Ilegal Loging di Deleng Cengkeh, Debet Air Jauh Berkurang

Senin, 07 Juni 2021 / 17.34

Perambahan hutan di Deleng Cengkeh, Kabupaten Karo.

KARO, KLIKMETRO.COM - Perambahan hutan di Deleng Cengkeh, sekitar 8 kilometer dari Desa Kutabangun, Kecamatan Tigabinanga, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, berdampak kepada penurunan debit atau pasokan air minum ke desa tersebut mengecil.

Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Kutabangun Nada Ginting kepada wartawan, Minggu (6/6/2021) melalui WhatsApp.

Menurut Ginting, pihaknya menerima keluhan dari masyarakat, sejak beberapa bulan belakangan ini pasokan air minum di desa ini mengecil .Setelah menerima laporan dari masyarakat, Sabtu (5/6/2021), Pemdes bersama dengan BPD, tokoh masyarakat dan perangkat desa melakukan survei ke lokasi mata air yang berada di Deleng Cengkeh yang jaraknya sekitar 8 kilometer dari desa ini.

"Di lokasi tersebut, kami melihat ada sekitar 10 Ha telah dilakukan perambahan, dan di lokasi kami temukan satu unit pondok sudah dibangun oleh penggarap serta lahan sudah ada ditanami dengan kopi,” katanya.

Ia menambahkan, dampak perambahan tersebut mereka menemukan ada satu titik mata air (dari tiga mata air) sudah mengering, hal tersebut membuat pasokan air menjadi kecil.

Melihat kejadian itu, Pemdes Kutabangun, BPD, dan masyarakat dalam minggu ini akan mendatangi dan melaporkan perambahan tersebut kepada UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah XV di Kabanjahe. (erwin)

Komentar Anda

Terkini