-->

Ketua dan Wakil Pengadilan Negeri Medan Dilantik

Sabtu, 10 Juli 2021 / 11.56

Pelantikan Ketua dan Wakil Pengadilan Negeri Medan.

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Setelah Ketua Pengadilan Negeri (PN) Binjai, Rantauprapat, Sidikalang dan Lubuk Pakam, kini giliran pejabat Ketua PN Medan Kelas IA Khusus yang baru yang dilantik Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Medan Setyawan Hartono SH MH.

Sertijab, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Ketua PN Medan dari pejabat lama Sutio Jumagi Akhirno SH MHum yang dipromosikan menjadi hakim tinggi pada PT Makasar kepada Andreas Purwantyo Setiadi SH MH digelar secara protokol kesehatan yang ketat di gedung PT Medan, Jalan Ngumban Surbakti Medan, Jumat (9/7/2021). 

Dalam arahannya, Ketua PT Medan berpesan agar Ketua PN yang baru dilantik dapat melanjutkan kerja-kerja baik ketua yang sebelumnya. "PN Medan merupakan salah satu PN yang punya peradilan khusus paling lengkap di indonesia ditambah dengan beban perkara yang sangat banyak pula, oleh karena itu pak Ketua PN yang baru dilantik diharapkan untuk memaksimalkan segala sumber daya yang ada untuk memastikan PN Medan dapat mencapai kinerja yang diharapkan," ucap Ketua PT Medan.

Selain itu, Ketua PT juga meminta agar penyelesaian eksekusi terhadap perkara Perselisihan Hubungan Industrial (PHI) yang diadili PN Medan supaya benar-benar mendapat perhatian khusus oleh Ketua PN Medan yang baru. 

"Ketua PN  yang baru harus benar-benar memperhatikan dalam penyelesaiannya. PN Medan harus dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dengan penyelesaian perkara yang baik dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada sehingga dapat memberikan kepastian hukum kepada pencari keadilan. Dan harus menghapus stigma hukum tajam kebawah, tumpul keatas," tegasnya.

Ketua PT juga mengucapkan terima kasih kepada Sutio Jumagi Akhirno atas dedikasi kinerja dan pengabdiannya selama ini dalam membenah PN Medan. 

Humas PT Medan John Pantas Lumban Tobing SH MHum menambahkan, selain pelantikan, PT Medan juga menyerahkan sertifikat akreditasi penjaminan mutu kepada PN Medan dan PN Pakam yang diterima langsung ketua pengadilan yang bersangkutan. 

"Sertifikat itu sendiri adalah pengakuan terhadap telah berlakunya standar pelayanan pengadilan yang ditetapkan Mahkamah Agung dalam hal ini Direktorat Jendral Badan Peradilan Umum kepada masyarakat," terangnya.

Terkait promosi Sutio Jumagi yang menjabat sebagai hakim tinggi pada PT Makasar, Humas PT Medan menyebut jenjang karir Sutio yang sudah sewajarnya dari ketua PN klas 1A khusus menjadi hakim tinggi pada PT Tipe A yakni PT Makasar. 

Acara pelantikan itu juga dihadiri dihadiri Wakil Ketua PT Medan Dr Erwin Mangatas Malau, hakim tinggi, panitera, sekretaris, Wali Kota Medan, Ketua DPRD Medan, Kapolrestabes Medan, Kajari Belawan dan Danlanud Soewondo. Selain itu Saksi I Linton Sirait SH MH, Saksi II Pahatar Simarmata SH MHum dan Ketua PN sekitar kota Medan dan keluarga besar PN Medan.

Usai dilantik di PT Medan, Ketua PN Medan Andreas P Setiadi langsung ke gedung PN Medan melantik Wakil Ketua PN Medan yang baru, Saut Maruli Tua Pasaribu. Pelantikan digelar di Ruang Cakra PN Medan. Saut Pasaribu sebelumnya menjabat sebagai Ketua PN Pekan Baru menggantikan Abdul Aziz SH MH yang dipromosikan menjabat sebagai Ketua PN Palembang Kelas IA.(put)

Komentar Anda

Terkini