Komisi IV Siap Terima Pengaduan Masyarakat Terkait Pohon Tumbang

Jumat, 09 Juli 2021 / 17.46

Anggota DPRD Medan Edwin Sugesti.

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Komisi IV DPRD Kota Medan siap menerima pengaduan terkait peristiwa pohon tumbang di Jalan Bunga Lau, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan persisnya di depan RSUP H Adam Malik Medan, Senin (28/6/2021) lalu, dan memakan korban nyawa, dua orang pegawai RSUP H Adam Malik meninggal dunia di lokasi dan dua orang lainnya luka-luka dalam peristiwa itu.

Edwin Sugesti Nasution, salah satu anggota Komisi IV DPRD Kota Medan dari Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Medan mengatakan hal tersebut kepada wartawan di gedung DPRD Kota Medan, Jumat (9/7/2021).

Dikatakan Edwin Sugesti, Komisi IV selaku counterpart nya Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan ingin mengetahui sejauh mana tanggung jawab Dinas milik Pemko Medan tersebut terhadap para korban tertimpa pohon.

”Selaku wakil rakyat, kita ingin ada klarifikasi dari Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan terkait pohon tumbang yang memakan korban jiwa tersebut, termasuk apa saja langkah dan upaya yang telah dilakukan dinas tersebut kepada para korban akibat tertimpa pohon,”katanya

Edwin Sugesti juga meminta agar Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan melakukan revitalisasi terhadap pohon-pohon yang ada di kota Medan. “Ini sangat perlu, sebab kalau kita perhatikan ada banyak pohon jenis angsana yang berdiri dibeberapa ruas jalan di kota Medan, sementara jenis pohon Angsana tidak cocok dengan kondisi struktur tanah di kota Medan. Yang lebih baik itu adalah pohon jenis asam, mahoni dan Meranti,”ungkapnya seraya mengatakan tidak mengetahui kenapa sebelumnya pemko Medan memperbanyak penanaman pohon Angsana.

Edwin juga menyarankan agar dinas Kebersihan dan Pertamanan melibatkan Badan Meteorologi untuk memberitahukan kepada masyarakat kondisi cuaca dan jalur jalan yang boleh dilewati untuk berhati-hati dan waspada dari ancaman pohon tumbang ketika hujan turun disertai angin kencang.

“Badan Meteorologi bekerjasama dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan untuk memberitahukan lokasi jalan yang dihindari ketika hujan turun disertai angin kencang untuk menghindari resiko adanya pohon tumbang, ini bisa saja dilakukan,”katanya.

Pemko Medan melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan kota Medan, tambah Edwin bekerjasama dengan dinas Perhubungan kota Medan dapat memasang rambu-rambu terkait lokasi jalan yang ada terdapat pohon dengan berbagai kondisi agar masyarakat mengetahuinya. “Misalnya, pohon sudah tua dan rawan tumbang dan lain sebagainya,”kata politisi PAN ini. (mr)

Komentar Anda

Terkini