-->

Terungkap di Reses Bersama Anggota DPRD Deli Serdang, 3 SD Negeri di Medan Estate Minim Siswa

Rabu, 07 Juli 2021 / 16.43

Reses bersama 4 angota DPRD Deli Serdang di Desa Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan.

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Deli Serdang menggelar reses bersama kordinator wilayah Kecamatan Percut Sei Tuan, para guru dan dinas pendidikan di SD Negeri Jalan Mesjid, Desa Medan Estate, Rabu (7/7/2021).

Reses bersama tahap II ini dilaksanakan oleh 4 anggota DPRD Deliserdang, yakni H. Rahmadsyah (PKB), Misnan Aljawi (PPP), Saipul Tanjung (PKS) dan Sahminan dari (PDI Perjuangan), dihadiri Kordinator wilayah Kecamatan Percut Sei Tuan (Korwil cam) Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang Juniser Siregar MPD. Kegiatan reses ini untuk membahas dan menampung aspirasi para guru dan 3 Kepala Sekolah SDN terkait minimnya jumlah siswa. 

Pada kegiatan menyerap aspirasi masyarakat ini, tiga kepala sekolah dasar negeri mengungkapkan minimnya jumlah siswa. Ada yang satu lokal hanya 5 murid saja. Bahkan secara keseluruhan, jumlah siswa di tiga sekolah dasar tersebut sekitar 160 siswa saja.

Disebabkan itu, para guru was-was dan kuatir sekolah itu akan ditiadakan, bahkan bisa jadi akan dijual.

Kekuatiran inilah yang disampaikan kepada 4 wakil rakyat tersebut.

Menyahuti itu, Rahmadsyah dan Misnan Al Jawi memaparkan motivasi dan edukasi kepada konstituen yang hadir terkait kegiatan reses mereka di kawasan tersebut. Dipaparkan juga terkait minimnya siswa, dan adanya isu lokasi tersebut akan dijual, para anggota dewan ini menjelaskan, ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan untuk memutasikan sekolah atau memindahkan lokasinya.

Namun persoalan itu akan disampaikan kepada pihak berwenang, bagaimana solusi agar proses belajar mengajar tetap berlangsung di sekolah tersebut. 

Saipul Tanjung dari Fraksi PKS menyatakan, pihaknya belum dapat memutuskan atau menyimpulkan persoalan 3 SDN tersebut. "Ada tahapan yang harus dibahas, pertama masalah kelemahan, kedua kekurangannya, ketiga soal kelayakannya dan keempat melihat kelebihan masing-masing sekolah. Jadi persoalan ini akan kita godok lagi di DPRD,"kata Saipul

Terkait hal itu, Korwil Kecamatan Juniser MPD menyebutkan, persoalan tiga SDN tersebut diserahkan ke DPRD dan Pemkab Deli Serdang untuk pembahasan selanjutnya.

H Rahmadsyah menambahkan, jika sudah ada kesimpulan bersama antara legislatif dan eksekutif, nantinya baru bisa diparipurnakan di DPRD Deli Serdang.

Sementara Misnan Aljawi mengatakan, persoalan itu akan dibahas bersama dengan Komisi IV yang menangani masalah pendidikan sebelum diparipurnakan.

Sayangnya, terkait hal ini, tiga kepala sekolah yang coba diwawancarai oleh wartawan usai acara reses, tampak enggan memberikan komentar. (LB)

Komentar Anda

Terkini