Terkesan Mubazir, Mobil PCR Dinkes Karo Seharga 3,5 Miliar 'Terparkir'

Senin, 30 Agustus 2021 / 20.41

Mobil PCR Dinas Kesehatan Kabupaten Karo.

KARO, KLIKMETRO.COM -  Tujuan pengadaan mobil combet covid- 19 tersebut yang anggaran pengadaannya berasal dari DID. P. APBN TA 2020 Sebesar 3,5 miliar digunakan untuk menekan laju penyebaran covid -19 dengan melakukan 3T yaitu Pelacakan(Tracing), Pengujian (Testing) dan Pengobatan (Treatment).

Belum sempat dirasakan manfaatnya secara menyeluruh sejak mulai pengoperasiannya 20 Januari 2021 lalu, ternyata mobil combat Polymerase Chain Reaction (PCR) terlihat parkir didepan kantor Dinas Kesehatan Karo tanpa ada kegiatan " Isoman" sampai waktu yang tidak ditentukan.

Diketahui salah satu keunggulan mobil combat covid-19 salah satu sarana mempermudah pelayanan masyarakat khusus kontak erat traicing covid - 19 di lapangan. Mobil combet PCR merupakan mobil laboratorium bergerak yang terintegritas dengan sistem informasi sehingga hasil pemeriksaan dapat langsung diterima di ponsel pintar peserta uji usap dalam waktu singkat.

Sekarang mobil combet covid -19 yang sumber pengadaannya dari uang rakyat itu terkesan mubajir karena tidak difungsikan sebagaimana peruntukannya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Karo, drg Irna Safrina Mkes, Senin (30/8/2021) melalui pesan whatsApp (WA) mengatakan, mobil combet covid-19 yang parkir di depan kantornya segera akan kembali beroperasi melakukan pelayanan keliling.

"Sudah 2 bulan mobil combet covid-19 kehabisan Reagensia. Kami sudah pesan sejak satu bulan lalu. Kalah produsen karena seluruh indonesia yang perlu. Begitu Reagennya telah datang kami segera operasikan mobil itu," katanya melalui pesan whatsAppnya. (Erwin)
Komentar Anda

Terkini