Gugatan Yayasan Harkrishan Sahib Pematangsiantar Tak Diterima Majelis Hakim

Kamis, 09 September 2021 / 21.58

Suasana sidang di Pengadilan Negeri Pematangsiantar.

SIANTAR, KLIKMETRO.COM - 
Majelis Hakim Pengadilan Negeri Pematangsiantar diketuai oleh Hakim Derman Parlungguan Nababan, Kamis 9 Juli 2021 dalam putusannya menyatakan dengan tegas dan tidak dapat menerima gugatan Yayasan Sosial Sikh Darbar Harkrishan Sahib Pematangsiantar.

Dalam release informasi penelusuran perkara, PN Pematang siantar, Kamis (9/9/2021) diuraikan gugatan penggugat Yayasan Sikh Darbar Harkrishan Sahib tidak dapat diterima baik dalam pokok perkara mau maupun dalam rekonvensi.

“Fakta-fakta di persidangan yang diungkap tergugat adalah merupakan sebagian dari pertimbangan Majelis Hakim untuk tidak menerima gugatan tersebut”, kata praktisi hukum advokat Gusti Ramadhani SH, memperkirakan alasan majelis hakim menyatakan gugatan tidak dapat diterima.

Gusti yang mengikuti persidangan ini menguraikan, fakta dan data yang diungkap tergugat melalui kuasa hukumnya di persidangan sudah sangat jelas dan terang benderang kalau Yayasan Sosial Sikh Darbar Shri Harkrishan belum memiliki izin untuk mengelola gurdwara (rumah ibadah umat Sikh).

Seperti yang dinyatakan dalam persidangan oleh sejumlah saksi dari Kanwil Kementerian Agama Sumut, FKUB Pematangsiantar, Parisada Hindu Dharma Indonesia Sumut , kalau lembaga dan institusi tersebut belum pernah menerbitkan rekomendasi dan izin bagi Yayasan Sosial Sikh Darbar Harkrishan untuk mengelola rumah ibadah.

Menurut Gusti Ramadhani, Majelis Hakim menyatakan tidak dapat menerima gugatan dapat dimaknai kalau gugatan tidak memiliki dasar hukum yang jelas.

"Gugatan error ini persona atau plurium litis consortium, gugatan mengandung cacat ( obscuur libel) dan mungkin juga gugatan melanggar yurisdiksi (kompetensi) absolut," kata advokat Gusti menutup penjelasannya.(Hot)
Komentar Anda

Terkini