Puskesmas Mandala Gandeng Kelurahan Bandar Selamat Sosialisasi Stunting

Rabu, 15 Desember 2021 / 15.16

UPT Puskesmas Mandala bersama Kelurahan Bandar Selamat berfoto bersama usai sosialisasi stunting. (f-lubis/klikmetro)

MEDAN, KLIKMETRO.COM -
Minimnya pengetahuan terkait stunting atau kekerdilan, UPT Puskesmas Mandala melaksanakan sosialisasi pengenalan, pencegahan, dan penanganan stunting di Kantor Lurah Bandar Selamat, Kecamatan Medan Tembung, Rabu (15/12/2021).

Kepala UPT Puskesmas Mandala dr Hafni Tanjung menyebutkan, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan agar para kader kesehatan kampung memahami apa itu stunting, dan dapat mencegah dan mendeteksi secara dini apabila ada anak-anak yang mengalami penyakit stunting akibat kurangnya gizi.

"Mencegah stunting adalah selama kehamilan dan dua tahun pertama kehidupan, dan seandainya stunting di awal kehidupan akan berdampak buruk pada kesehatan, kognitif, dan fungsional ketika dewasa,"ungkap dr Hafni didampingi Lurah Bandar Selamat Mukhtar Lubis SE.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada kaum ibu dari peserta Posyandu di kelurahan.

Pada sosialisasi itu, dr. Hafni Tanjung mengajak kepada Ibu ibu PKK, Posyandu juga peserta PKH untuk dapat menyampaikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya gizi bagi balita maupun anak untuk menghindari stunting.
Selain itu, pihaknya akan terus siaga dalam menangani masalah stunting dan tetap menganjurkan warga agar mau divaksin untuk menjaga imunitas tubuh dari serangan penyakit, terutama virus corona.

"Vaksinasi covid-19 penting dilakukan seluruh masyarakat agar terbentuk herd immunity (kekebalan kelompok) dari serangan penyakit yang dibawa virus corona,"ujar dr Hafni Tanjung.

Pada kegiatan itu, diberi bingkisan atau cendramata berupa tas, baju, susu Promina 3 Sachet, Susu SGM 3 sachet, beras merah 1/2 kg, kacang hijau, masker dan hand Sanitizer kepada 50 peserta yang hadir.

"Bantuan ini merupakan rasa peduli pemerintah kepada warga untuk mencapai program hidup sehat," kata Lurah Bandar Selamat Mukhtar Lubis.

Terlihat hadir Ketua LPM Kelurahan Bandar Selamat H Aswan Lubis, Ketua Kelompok Kerja (Pokja) masyarakat Saipul Anwar Nasution, kepling, Kaur dan staf kelurahan.

Acara yang dimulai pukul 10.00 wib dan berakhir pukul 12.00 wib dengan mengedepankan protokol kesehatan. (lbs)
Komentar Anda

Terkini