-->

DPRD Medan Dorong Seluruh Kecamatan Terapkan Bank Sampah Digital

Sabtu, 08 Januari 2022 / 19.46

Ketua Komisi IV DPRD Medan Paul Mei Anton Simanjuntak. (f-maria/klikmetro)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Ketua Komisi IV DPRD Medan Paul Mei Anton Simanjuntak dorong Pemko Medan melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan bersama Camat diharapkan gencar melakukan sosialisasi terkait program Bank Sampah Digital yakni menggunakan aplikasi berbasis Web dan Android. Sehingga penanganan kebersihan khususnya sampah di Kota Medan dapat segera dituntaskan.

"Program Bank Sampah Digital sangat bangus diterapkan di seluruh Kecamatan di Kota Medan. Untuk memaksimalkan program itu, Camat dituntut mampu berinovasi dan mendukung penuh program Bank Sampah Digital," ujar Paul Mei Anton Simanjuntak (foto) kepada wartawan, dikutip Sabtu (8/1/2022). 

Disampaikannya, untuk itu agar petugas kebersihan di Dinas Kebersihan dan Pertamanan bersama Camat, Lurah serta Kepling di Kota Medan dipastikan paham dan mengerti soal Bank Sampah Digital. Bila perlu kata Paul mereka mendapat pelatihan khusus terlebih dahulu.

Menurut Paul, setelah aparat Pemko Medan paham soal Bank Sampah Digital lalu dapat diharapkan mensosialisasikan kepada masyarakat. "Kepling sebagai perpanjangan tangan Walikota harus paham sehingga mampu mengajari masyarakat," sebut Paul seraya menambahkan, pihaknya sangat mendukung diterapkannya program itu di setiap kecamatan Kota Medan. 

Seperti diketahui, saat ini Camat Medan Belawan Subhan Fajri Harahap sedang membuat terobosan dan inovasi dalam pengelolaan sampah dengan membuat bank sampah digital. Bank sampah yang dinamai Bank Sampah Belawan (Abank Sambel) merupakan inovasi melalui digitalisasi. Artinya bank sampah konvensional yang transaksi, pencatatan dan pembukuannya masih manual menggunakan buku.

Camat berinovasi dengan mendigitalisasikan bank sampah menggunakan aplikasi berbasis Web dan android. Aplikasi ini sudah dibangun dan berhasil disimulasikan. Sehingga saat ini managemen bank sampah mulai dari pendaftaran, pencatatan transaksi, pemilahan sampah. Bahkan penimbangan semua tercatat dalam aplikasi Abank Sambel sudah berjalan di Belawan. Aplikasi itu dapat diakses melalui website bank sampah digital yakni abanksambel.epizy.com. (mar)

Komentar Anda

Terkini