-->

Kadinkes Medan: Berpuasa Sehat, Jaga Asupan Gizi dan Tetap Prokes

Jumat, 25 Maret 2022 / 23.32

Kadis Kesehatan Kota Medan dr Taufik Ririansyah.(f/ist)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Sebentar lagi Umat Islam akan menjalankan ibadah puasa. Agar tetap sehat dan bugar meskipun dalam kondisi berpuasa, Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, dr Taufik Ririansyah, Jumat (25/3/2022)  menyatakan agar umat muslim tetap menjaga asupan gizi, dan tetap menjaga  protokol kesehatan  (prokes) kemudian menjaga segala sesuatu kebersihan.

"Menjaga asupan gizi itu penting. Karena kalau asupan gizi terpenuhi maka menjalankan  puasa akan lebih tenang terhindar dari penyakit-penyakit," sebutnya. 

Taufik juga menyatakan pelaksanaan Vaksinasi di bulan ramadhan belum diwacanakan berjalan atau tidak namun katanya pihaknya akan tetap membuka posko vaksinasi di faskes -faskes yang ada.

"Untuk pelaksanaan vaksinasi dilapangan kita  akan melihat situasi dan kondisi. Bagi yang berpuasa kita lihat situasinya nanti. Belum ada rapat khusus memang tentang ini tapi vaksinasi tidak ditutup," katanya.

Ketika ditanya apakah vaksinasi aman bagi orang berpuasa Ia menjawab bahwa  vaksinasi aman bagi orang berpuasa.

"Vaksinasi itu dilakukan kepada orang yang sehat bukan karena dia berpuasa atau tidak berpuasa.  Misalnya yang terpenting tensinya dibawah 180, dia memenuhi persyaratan la untuk divaksin. Supaya cepat endemi," tegasnya. 

Sementara itu, kasus Covid-19 sendiri di kota Medan saat ini  hanya ada 30 kasus. Bahkan  Isolasi terpusat (isoter) dan rumah sakit (RS) sudah banyak kosong. Sekarang masyarakat mulai beraktivitas hampir normal namun tingkat kesadaran prokes masih ketat. (sit)

Komentar Anda

Terkini