-->

Soal Pengelolaan PBB, Sekda DS Ingatkan Jangan Main-Main

Kamis, 31 Maret 2022 / 20.08

Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein memimpin rapat PBB-P2 tahun 2022.(f-kominfo deli serdang)

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM - Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Deli Serdang, Darwin Zein S Sos, memimpin Rapat Pengelolaan Pajak Bumi dan Pembangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) tahun 2022 di Aula Cendana, Kantor Bupati Deli Serdang, Rabu (30/3/2022). 

Di kesempatan itu, Sekda berpesan untuk menangani pendapatan dan pengelolaan PBB harus serius dan fokus.

"Dalam menangani PBB ini, jangan main-main. Jika main-main, maka pendapatan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) akan terganggu dan berkurang," tegas Sekda.

Kepada para Kepala Unit Pelaksana Teknis (Ka UPT), Sekda juga mewanti-wanti agar tidak asal teken berita acara bila fakta yang ditemukan di lapangan tidak sesuai.

"Kepada Ka UPT saat peninjauan ke lapangan, pasti Ka UPT ada neken berita acara. Jangan di teken jika tidak sesuai dengan faktanya. Ini sangat bahaya. Karena dua tahun lalu, pendapatan sangat anjlok pajaknya karena alasan Covid-19. Jadi, harus kita lakukan untuk memastikan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) sampai," pesan Sekda.

"Jangan alasan dengan luas bumi berbeda, nama ini dan itu, kalau masih begitu juga setiap tahun utang bakal bertambah. SPPT-nya ada, objeknya tidak jelas. Penyampaian SPPT PBB disertai dan dianalisis supaya tahu ke mana-mana. Luas buminya 300, 200, 100, masih kosong. Pasti akan ada bangunannya, kecuali tanah kaplingan. Itupun wajiblah," imbuh Sekda.

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Deli Serdang, H Timur Tumanggor SSos MAP, menegaskan pihaknya akan berkomitmen menjalankan apa yang diinstruksikan tersebut. 

"Dari tahun ke tahun, untuk meningkatkan pendapatan daerah, oleh karena itu kepada kita semua sebagai pengantar yang kita cetak tahun ini ada peningkatan 1,2 persen dari 400 sekian SPPT, sekarang menjadi 542 sekian SPPT PBB," jelas Kepala Bapenda.

"Ini yang akan disampaikan 542 ribu lebih SPPT, yang kita cetak baru 21, 22, 23. Yang kami laporkan, mungkin dua minggu kedepan akan selesai," kata Kepala Bapenda lagi.

Turut hadir di rapat tersebut, Asisten III Dedi Maswardy SSos M AP, Kepala Badan Pendapatan Daerah H Timur Tumanggor SSos, MSi, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Muhammad Salim SP MSi, mewakili Kepala Badan Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Kebangpol), para camat dan kepala desa se-Kabupaten Deli Serdang. (lbs)

Komentar Anda

Terkini