-->

Hari Ini Pengambilan Tiket, 3555 Warga Ikuti Program Mudik Gratis Pemko Medan

Rabu, 27 April 2022 / 06.33

Rapat finalisasi Program Mudik Gratis Pemko Medan. (f-kominfo medan)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Masyarakat Medan antusias mengikuti Program Mudik Gratis Pemko Medan yang diluncurkan Wali Kota Bobby Nasution. Sebanyak 3.555 warga telah mendaftarkan diri untuk mengikuti program yang baru pertama kali dihelat Pemko Medan ini. Sebanyak 105 unit bus, ukuran besar, sedang, dan kecil, telah disiapkan untuk mengantar pemudik merayakan Hari Raya Idulfitri di kampung halamannya.

Hal ini terungkap dalam Rapat Finalisasi Program Mudik Gratis Pemko Medan di Ruang Rapat II, Kantor Wali Kota Medan, Selasa (26/4/2022). Dalam rapat yang dipimpin Wali Kota Medan, Bobby Nasution diwakili Sekda Wiriya Alrahman dan diikuti segenap pimpinan OPD dan camat itu juga disebutkan, pengambilan tiket keberangkatan bagi warga yang telah mendaftar, baik secara langsung maupun online, sudah dapat dilakukan pada Rabu (27/4/2022) di Posko Dinas Perhubungan Medan di Lapangan Merdeka mulai 08.00 WIB.

“Sebelum mengambil tiket, calon pemudik harus  membuktikan dirinya telah divaksin Covid-19.  Bagi yang belum divaksin, Pemko Medan melalui Dinas Kesehatan telah menyiapkan posko vaksinasi di Lapangan Merdeka,” ucap Wiriya seraya mengatakan calon pemudik bisa langsung melakukan vaksinasi saat pengambilan tiket tersebut. “Bagi sudah vaksin dosis pertama, harus melakukan vaksin dosis kedua. Yang sudah sudah divaksin dosis kedua, harus melakukan vaksin dosis ketiga atau booster,” tambahnya.

Keberangkatan dilakukan pada tiga hari berturut-turut mulai 29-30 April dan 1 Mei pukul 09.00 WIB di Jalan Pulau Pinang. Pelepasan bus Program Mudik Gratis Pemko Medan ini langsung dilakukan Bobby Nasution.  

“Calon pemudik diwajibkan sudah berada di lokasi keberangkatan mulai Pukul 07.00 WIB,” sebut Sekda.

Ada empat rute mudik yang dilayani dalam Program Mudik Gratis Pemko Medan ini. Pertama, Medan – Rantauprapat – Kota Pinang - Gunungtua – Palas – Sibuhuan. Kedua, Medan – Tarutung – Sipirok - Padangsidempuan – Panyabungan – Natal.  Ketiga, Medan – Tarutung – Sibolga – Panyabungan. Keempat, Medan – Sidikalang – Pakpak Barat.

Selain soal finalisasi Program Mudik Gratis Pemko Medan, dalam rapat ini terungkap pula bahwa Pemko Medan akan melaksanakan Salat Idulfitri di Lapangan Merdeka. Laporan yang disampaikan Bagian Kesra, bertindak sebagai Khatib Dr. H. Hasan Maksum, M.Ag yang merupakan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan. Sedangkan qori internasional, H. Jakfar Hasibuan, S.Pd.I bertindak sebagai imam.

Sekda menegaskan, pelaksanaan salat ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Selain wajib memakai masker, jamaah harus membawa sajadah masing-masing.

Pada rapat ini juga terungkap, untuk menyambut Hari Raya Idulfitri 1443 H ini, Pemko Medan menggelar Pawai Takbiran. Pawai Takbiran Pemko Medan ini dilakukan pada dua titik yakni di Lapangan Merdeka dan Medan Belawan. Bobby Nasution dijadwalkan melepas Pawai Takbiran dari Medan Belawan.

“Peserta Pawai Takbiran ini berasal dari seluruh Kecamatan dan Kelurahan. Untuk Medan Belawan peserta berasal dari enam wilayah kecamatan, yakni Medan Belawan, Labuhan, Marelan, Deli, Timur, dan Helvetia. Sedangkan di Lapangan Merdeka berasal dari wilayah 15 kecamatan lainnya,” jelas Sekda.

Adapun rute untuk Pawai Takbiran di Medan Belawan dimulai dari Jalan Sumatera (Eks Kantor Kejari Belawan) dan finish di Tanah Enam Ratus, Medan Marelan. Sedangkan rute di Lapangan Merdeka, dimulai dari Jalan Pulau Pinang dan finish di Stadion Teladan.

Dalam rapat itu, Sekda juga mengingatkan agar seluruh Kecamatan dan Kelurahan mendirikan posko untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama cuti bersama di wilayah masing-masing. Petugas posko harus mempunyai data warga yang melakukan mudik dan menjaga keamanan rumah yang ditinggalkan.(mar) 

Komentar Anda

Terkini