-->

Mulai 3 April, Tol Binjai - Stabat Berbayar, Ini Tarifnya

Sabtu, 02 April 2022 / 05.16

Mulai 3 April diberlakukan tarif berbayar melintasi Tol Binjai-Stabat. (f-ist)

BINJAI, KLIKMETRO.COM - Sejak dioperasikan pada Jum'at 11 Februari 2022 lalu, pengendara yang melintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Binjai - Langsa Seksi 1 (Binjai - Stabat) masih belum dikenakan tarif lantaran masih dalam rangka masa sosialisasi.

Untuk itu, pada bulan April ini, Perusahaan Hutama Karya (HK) akan mulai berlakukan tarif kepada kendaraan yang melintasi tol.

Penetapan tarif tertuang dalam Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 82/KPTS/M/2022 Tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif pada jalan tol tersebut.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan sebelum tarif tol secara resmi diberlakukan, perusahaan sudah melakukan sosialiasi secara masif, baik melalui offline maupun online bagi seluruh pengguna jalan tol.

"Pada 3 April, sudah diberlakukan tarif tol Stabat kepada setiap kendaraan yang masuk dan keluar," katanya. Besaran untuk Tol Binjai - Stabat yakni Golongan I Rp 15.000, Golongan II dan III Rp 22.500 dan Golongan IV dan V Rp 30.000," bebernya, Kamis (31/3/2022).

Penetapan tarif ini, kata Koentjoro pihaknya sudah melakukan Focus Group Discussion (FGD) dan menampung aspirasi dari regulator serta Key Opinion Leader (KOL) yang dihadiri oleh Staf Ahli Kementerian PUPR Endra Atmawidjaja, Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga, Kepala Biro Komunikasi Kementerian PUPR Pantja Dharma, Pengamat Ekonomi Pieter Abdullah, plt. Bupati Langkat Syah Afandin, Ketua Organda Provinsi Sumut Wasinton Sibarani, dan masih banyak akademisi dan KOL lainnya.

Dikatakan, bahwa setelah satu bulan lebih Jalan Tol Binjai - Stabat ini beroperasi tanpa tarif, Hutama Karya telah memenuhi semua standar yang dilakukan.

“Adapun demi kenyamanan dan keamanan pengguna, kami juga memastikan bahwa jalan tol ini telah memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM). Hal itu demi kenyamanan keamanan penggunan jalan," jelasnya lagi.

Saat ini fasilitas yang dimiliki oleh Jalan Tol Binjai - Langsa Seksi 1 (Binjai - Stabat) terdiri dari 28 Personil Siaga, 6 (enam) Unit Kendaraan Operasional yang terdiri dari Ambulans, Derek, Patroli Jalan Raya, Rescue, kendaraan Patroli, 6 (enam) gardu tol, dan 1 (satu) titik lokasi top-up tunai di Gerbang Tol Stabat.

"Nantinya jika sudah terhubung secara penuh, Jalan Tol Binjai - Langsa akan dilengkapi dengan 5 (lima) gerbang tol, 3 (tiga) Simpang Susun (SS) yang terletak di Stabat, Tanjung Pura dan Pangkalan Brandan, dan 6 (enam) unit Tempat Istirahat Pelayanan (TIP) Tipe A,” ungkapnya.

Hutama karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, salah satunya dengan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol.

Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya dimana terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan Top up saldo UE.

Dihimbau kepada pengguna jalan tol untuk berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang dipersyaratkan, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.

Segera beristirahat apabila merasa mengantuk di Rest Area terdekat serta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dimanapun berada.

"Apabila pengguna jalan tol mengalami atau melihat tindak kejahatan yang ada di jalan tol maupun rest area agar segera melapor ke Call Centre masing-masing Cabang Tol," sebut dia. (mt)

Komentar Anda

Terkini