-->

USU Naik Peringkat Pada Scimago Institutions Rankings 2022

Selasa, 12 April 2022 / 15.57

Peringkat USU pada SIR 2022. (f-ist)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Universitas Sumatera Utara (USU) catatkan prestasi pada caturwulan pertama di tahun 2022. Seperti dilansir pada laman resminya, USU naik peringkat pada Scimago Institutions Rankings (SIR) 2022. 

USU naik satu peringkat menjadi posisi 6 daftar universitas terbaik di Indonesia setelah tahun lalu berada di posisi 7. Secara internasional, USU memperbaiki peringkat dari sebelumnya berada pada posisi 708 menjadi 620 atau naik 88 peringkat.

Menanggapi hal tersebut, Rektor USU Dr Muryanto Amin, S Sos, M Si, menyebutkan hal ini menjadi penyemangat untuk USU. USU saat ini tengah melakukan serangkaian transformasi untuk meningkatkan citra dan peringkat USU di dunia. 

“Alhamdulillah, USU meraih peningkatan pada pemeringkatan yang dilakukan Scimago Institutions Rankings.Momentum ini harus dijaga demi kebaikan USU. Hal ini menunjukkan jika transformasi yang dilakukan telah menunjukkan progres dan hasil awal yang baik”, ucap Rektor.

Ia mendorong agar USU jangan berpuas hati melainkan memotivasi diri untuk lebih baik. 

“Target kedepannya USU akan menghasilkan 3000 tulisan yang dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi. Selain itu mendorong sivitas akademika menghasilkan inovasi dalam menyelesaikan permasalahan kemasyarakatan,” sebut Muryanto Amin.

Ditambahkan oleh Ketua World Class University USU Prof Dr Eng Himsar Ambarita ST, MT, jika USU akan terus fokus pada indikator penilaian. Dengan memenuhi persyaratan yang ada, ia berharap USU dapat terus merangkak naik dalam pemeringkatan. 

“Metodologi SRI didasarkan pada 3 indikator besar yaitu Riset, Inovasi dan Societal. Kenaikan ini lebih didorong perbaikan di bidang Inovasi dan Riset. Hal ini menjadi modal yang sangat baik untuk peningkatan kinerja USU ke depannya,” katanya. 

Prof Himsar juga merasa bersyukur dengan pencapaian ini dan berharap semua pihak lebih menggiatkan upaya transformasi yang sedang di jalankan. “Hal ini sangat disyukuri karena proses transformasi yang sedang dicanangkan oleh USU sudah mulai menunjukkan perbaikan. Hasil ini juga dijadikan dasar untuk merumuskan program-program percepatan dan juga perbaikan pelayanan akademik di USU. Sebagai sebuah institusi USU harus mampu melakukan riset dan menghasilkan inovasi yang berguna bagi masyarakat,” kata Prof Himsar. 

Tidak hanya melalui lembaga penilaian SIR, USU saat ini juga mengikuti proses penilaian di beberapa lembaga pemeringkatan baik nasional maupun internasional. Diantaranya Quacquarelli Symonds World University Rankings, Times Higher Educatioan University Ranking, hingga pemeringkatan perguruan tinggi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. 

Informasi lebih lengkap tentang USU dapat diakses di usu.ac.id (vera)

Komentar Anda

Terkini