Komisi III Dorong PUD Pasar Lebih Inovatif Menarik Minat Pembeli di Pasar Tradisional

Selasa, 17 Mei 2022 / 18.15

Komisi III DPRD Medan kunjungan kerja ke PUD Pasar Kota Medan. (f-ist/klikmetro)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Komisi III DPRD Kota Medan mendorong PUD Pasar Kota Medan lebih inovatif untuk menarik minat pembeli berbelanja di 53 pasar tradisional di bawah naungan PUD Pasar Kota Medan.

Ketua Komisi III DPRD Kota Medan  Afif Afdillah mengatakan inovasi yang diciptakan harus benar- benar bisa meningkatkan jumlah pengunjung ke pasar tradisional. 

"Memang, revitalisasi pasar itu penting. Tapi, program promosi, seperti membuat inovasi juga penting. Contoh, kita buat membership untuk pembeli. Nanti, PUD Pasar menyediakan hadiah menarik untuk membership itu," papar Afif Afdillah saat kunjungan kerja ke Kantor PUD Pasar Kota Medan, Selasa (17/5/2022).

Afif menambahkan, dalam waktu dekat, Komisi III DPRD Kota Medan akan memanggil Traveloka dan lainnya untuk membahas peluang kerjasama untuk menciptakan pasar tradisional Kota Medan sebagai pasar wisata.

Di pasar wisata itu nantinya harus mencerminkan pasar yang benar- benar bersih,  sangat representatif sebagai pasar wisata dan lainnya.  

"Di pasar wisata itu juga bisa dijual oleh- oleh khas Kota Medan. Intinya, bagaimana upaya PUD Pasar Medan membuat warga mau berpaling lagi berbelanja ke pasar tradisional," paparnya.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Kota Medan, Dhiyaul Hayati mengusulkan agar PUD Pasar Kota Medan memiliki kajian khusus terkait jumlah pengunjung pasar tradisonal setiap harinya. Dengan begitu, akan diketahui naik turunya jumlah pengunjung pasar tradisional. 

Bila jumlah pengunjungnya menurun, maka harus dicari penyebabnya apa.

"Selain itu, ada gak survei kepuasan pengunjung? Buka saja linenya di IG kah  Twitter kah dan Medsos lainnya. Ini tujuannya, agar pasar tradisional kita lebih inovatif lagi," ujar polisi dari Fraksi PKS ini.

Menanggapi hal itu, Direktur Utama PUD Pasar Kota Medan, Suwarno mengatakan untuk meningkatkan inovasi, pihaknya sedang membangun grosir online. Grosir online itu nantinya akan memasarkan produk- produk dari Kota Medan.

"Untuk tahap awal, nanti akan kita pasarkan produk dari Pasar Induk," paparnya didampingi Direktur Operasional PUD Pasar Kota Medan, Ismail Pardede, Direktur Keuangan PUD Kota Medan, Fernando Napitupulu dan pejabat PUD Pasar Kota Medan lainnya.

Selain itu, PUD Pasar Kota Medan sedang sibuk merevitalisasi sejumlah pasar. Seperti perawatan eskalator di Pusat Pasar, memperbaiki atap yang bocor dan lampu penerangan dan lainnya.(mar)

Komentar Anda

Terkini