-->

Asisten I Pemkab DS Terima Kunjungan Tim USAID di RSU Sembiring

Jumat, 24 Juni 2022 / 19.53

Asisten I Pemkab Deli Serdang Drs Citra Effendi Capah bersama Tim USAID.(f-kominfo deli serdang. 

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM - Bupati Deli Serdang diwakili Asisten I Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat, Drs Citra Effendi Capah MSP mengikuti Program Pendampingan Rumah Sakit (RS) Swasta pada kunjungan Tim USAID ke Rumah Sakit Umum (RSU) Sembiring Deli Tua di Ruang Rapat RSU Sembiring Deli Tua, Kamis (23/6/2022).

Pada kesempatan tersebut, kepada Deputy Director Office Of Helath USAID Indonesia, Mr Daryl Martyris, Chief Of Party USAID MPHD dr Dwirani Amelia SpOG, Senior Program Manager MPHD Sumatera Utara dr Apsari Diana Kusumastuti Mars, Asisten I menyampaikan Rumah Sakit Umum Sembiring adalah salah satu rumah sakit yang mendapatkan pendampingan tim USAID Indonesia bersama Dinas Kesehatan.

Selain itu juga, merupakan rumah sakit di Kabupaten Deli Serdang yang menjadi mitra proyek program Momentum Private Healthcare Delivery (MPHD) dan bertujuan untuk mendukung upaya penurunan angka kematian ibu dan bayi baru lahir di Indonesia.

Asisten melanjutkan, RSU Sembiring telah melakukan berbagai perubahan dalam upaya untuk menurunkan jumlah kematian ibu dan bayi baru lahir di Kabupaten Deli Serdang. 

Hal ini tentunya didukung dengan sarana prasarana yang memadai guna meningkatkan kualitas pelayanan ibu hamil dan bayi baru lahir di Kabupaten Deli Serdang, khususnya di wilayah Deli Tua dan sekitarnya.

"Kabupaten Deli Serdang bersama USAID MPHD dan Dinas Kesehatan telah melakukan berbagai macam kegiatan, di antaranya pembuatan perjanjian kerjasama jejaring rujukan untuk seluruh rumah sakit swasta di Kabupaten Deli Serdang, sosialisasi dan pelaksanaan baseline survey fasilitas layanan kesehatan, serta pertemuan kelompok kerja percepatan penurunan jumlah kematian ibu dan anak baru lahir," jelas Asisten I. 

Dinas Kesehatan yang juga sebagai leading sektor untuk mewujudkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam sektor kesehatan, sambung Asisten I, tentunya mengharapkan dukungan dari semua pihak, khususnya dalam menyediakan layanan kesehatan yang berkualitas bertujuan untuk menekan angka kematian ibu dan anak baru lahir.

"Semoga kemitraan yang telah terjalin dengan baik selama ini, antara USAID MPHD Indonesia dengan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang terus dipelihara dengan baik bahkan dapat ditingkatkan," harap Asisten I. 

Perlu diketahui bahwa USAID MPHD merupakan bagian dari proyek global USAID, MOMENTUM, yang satu di antaranya diimplementasikan di Provinsi Sumut. Tujuan dari program ini adalah memperkuat Pemerintah Indonesia agar secara efektif dan berkelanjutan dapat memberikan pelayanan Kesehatan Ibu dan Bayi Baru Lahir (KIBBL) yang berkualitas.

Fokus program USAID MPHD adalah meningkatkan akses dan mutu pelayanan KIBBL di fasilitas kesehatan swasta, meningkatkan peran sektor swasta dalam program KIBBL, dan memperkuat peran dan kapasitas pemerintah daerah untuk memantau layanan publik dan swasta secara efektif.

Program USAID MPHD diluncurkan di Provinsi Sumut pada September 2021. Di tahun ke-2 ini, telah memberikan dukungan kepada 49 fasilitas kesehatan di berbagai daerah, membentuk 55 mentor untuk pendampingan rumah sakit, meningkatkan kapasitas lebih dari 350 tenaga kesehatan, memfasilitasi pembentukan tiga Kelompok Kerja Kesehatan Ibu dan Anak (Pokja KIA), dan mendukung pembuatan empat regulasi daerah terkait KIA.

Di Sumut, program USAID MPHD melaksanakan kegiatannya di empat kabupaten yaitu Deliserdang, Asahan, Langkat, dan Karo.

Di akhir kegiatan, dilakukan pertukaran cendramata antara USAID, RSU Sembiring Deli Serdang dan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang.

Hadir pula di kegiatan tersebut, Mentor Pendamping RSU Sembiring dr David Luther Lubis MKed(OG) SpOG(K), Kadis Kesehatan Deli Serdang dr Ade Budi Krista, Direktur RSU  Sembiring dr Alprindo Sembiring MKes, Camat Deli Tua bersama Ketua PKK Kecamatan, dan perwakilan OPD terkait.(lbs)

Komentar Anda

Terkini