Bantu Tangani Wabah PMK, Polsek Medan Tuntungan Cek Peternakan Sapi

Selasa, 28 Juni 2022 / 22.30

Personil Polsek Medan Tuntungan cek peternakan sapi milik warga untuk mencegah wabah PMK.(f-ist)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Polsek Medan Tuntungan didampingi Satbinmas Polrestabes Medan Lakukan Sambang Dan Sosialisasi Kepada Pemilik Ternak, Tentang Penyebaran Virus Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK) Pada Hewan Ternak ke Lingkungan III Kelurahan Namo Gajah, Kecamatan Medan Tuntungan, Selasa 28 Juni 2022.

Kapolsek Medan Tuntungan Iptu Christin Simanjuntak diwakili Ps Kanit Binmas Aiptu Hermanto Tarigan menemui pemilik ternak, Legimanto dan memberi edukasi.

Personil polsek Tuntungan tersebut melakukan sambang mengikuti instruksi Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda  untuk memberikan himbauan kepada pemilik ternak bahwa untuk tetap menjaga kebersihan kepada hewan ternaknya agar tidak terkena virus PMK.

Kapolsek Medan Tuntungan Iptu Christin Simanjuntak membenarkan ada personil polsek mengecek peternakan warga.

"Benar pak, jadi untuk membantu penanganan wabah PMK yang tengah dilakukan Pemko Medan. Jajaran Polsek Tuntungan kini ikut mengecek peternakan sapi di wilayah hukum kita. Kita berharap dengan langkah pengecekan ini Dapat berperan dalam mencegah wabah PMK di Kota Medan meluas," Jelas Iptu Christin.

“Apalagi kan sudah dekatnya momen Idul Adha 1443 Hijriah. Dimana seluruh warga muslim melaksanakan ibadah kurban,” kata Christin dalam keterangannya pada wartawan.

lanjut lptu Christin, menerjunkan para Bhabinkamtimbas untuk menyisir sejumlah peternakan yang ada di wilayah hukum Polsek Tuntungan Polrestabes Medan.

“Langkah ini sebagai tindak lanjut arahan yang disampaikan Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda,” ungkap Kapolsek Tuntungan itu menegaskan.

Meski wabah PMK ini tidak membahayakan bagi manusia, lanjut Christin Tapi penyebarannya sangat cepat, mengingat penyakit mulut dan kuku ini adalah virus yang mudah menular.

“Kerugian peternak yang harus diantisipasi sehingga kita dari unsur Polri wajib turun langsung mengawasi. Agar hewan ternak milik warga dapat terselamatkan,” terangnya.

Selain menyampaikan imbauan agar para peternak turut melakukan pencegahan dan penanganan wabah PMK, Kapolsek meminta diperketat keluar masuknya ternak dari luar daerah.

“Baik masyarakat maupun kalangan peternak yang ada di Kecamatan Medan Tuntungan diharap untuk cepat melapor apabila ada indikasi gejala PMK pada ternak,” pungkas Iptu Christin.(hot)

Komentar Anda

Terkini