-->

Bupati-Wabup Sergai Berkomitmen Tinggi Wujudkan Infrastruktur Terintegrasi

Rabu, 15 Juni 2022 / 22.37

Kadis Kominfo Sergai Drs H Akmal menghadiri undangan Ombudsman RI Perwakilan Sumut.(f-kominfo sergai)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Proses mewujudkan visi Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius, tentu perlu melalui kerja keras dan sinergitas dari berbagai pihak. Seperti saat ini yang sedang dilakukan oleh Pemkab Sergai dalam implementasi Sapta Dambaan (Sapda) yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Salah satu sasaran kerja utama yang menjadi perhatian Bupati Sergai Darma Wijaya dan Wakil Bupati Adlin Tambunan, adalah infrastruktur yang terintegrasi. 

Hal ini disampaikan oleh Kadis Kominfo Sergai Drs. H. Akmal, AP, M.Si di sela-sela kegiatannya menghadiri undangan dari Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara (Sumut), Jl. Sei Besitang, Sei Sikambing, Medan, Rabu (15/6/2022).

Ia mengatakan, pembangunan infrastruktur, baik yang sudah, sedang dan akan dilakukan sebelumnya sudah teragendakan dan terprogram oleh Pemkab Sergai. Bahkan Akmal menginformasikan, jalan yang berstatus jalan provinsi sudah dibahas di berbagai pertemuan, salah satunya pada kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Provinsi Sumut zona Pantai Timur di Kuala Tanjung Kabupaten Batu Bara beberapa waktu lalu.

“Terkait dengan beredarnya pemberitaan baik melalui media online maupun media sosial yang mengekspos beberapa jalan yang rusak, seperti di jalan Pantai Cermin, tepatnya di depan Kantor Kepala Desa Kuala Lama, perlu diketahui bahwa jalan tersebut statusnya jalan provinsi yang otomatis kewenangannya ada pada pihak Pemprovsu,” ujar Akmal.

Namun ia melanjutkan, hal yang harus digarisbawahi jika perbaikan jalan yang dimaksud telah menjadi agenda Pemprovsu yang telah dibahas dalam Musrenbang Provinsi Sumatera Utara zona Pantai Timur termasuk di Kabupaten Sergai.

“Jadi tanpa adanya informasi atau pemberitaan tersebut pun, agenda perbaikan jalan memang sudah dibuat dan akan dilaksanakan dalam waktu dekat,” terang Kadis Kominfo.

Akmal menyebut, pada Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provsu Zona Pantai Timur yang lalu, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan jika di tahun 2022 ini di Kabupaten Sergai akan dilakukan pembangunan jalan sepanjang 20.9 KM.

Disebutkan olehnya, rincian jalan yang akan dibangun yaitu meliputi ruas jalan batas Deli Serdang-Dolok Masihul-batas Tebing Tinggi 1,4 KM, ruas jalan Pantai Cermin Kanan-Teluk Mengkudu 3,8 KM, ruas jalan Teluk Mengkudu-Tanjung Beringin 4,5 KM, ruas jalan Tanjung Beringin-Bandar Khalipah (batas Batu Bara) 6,6 KM dan ruas jalan Belidahan-Dolok Masihul 4,6 KM.

Selanjutnya, Kadis Kominfo kembali menekankan jika di bawah kepemimpinan Bupati Darma Wijaya dan Wabup Adlin Tambunan, pembangunan infrastruktur, terutama jalan dilaksanakan secara masif. Hal ini bisa dilihat jelas dari data kondisi permukaan jalan di Kabupaten Sergai yang mengalammi peningkatan drastis dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Program infrastruktur yang terintegrasi, tambahnya lagi,  benar-benar diimplementasikan oleh Pak Bupati dan Pak Wakil. Ini bisa dicermati dari data kondisi permukaan jalan kabupaten yang berstatus “mantap” sudah mencapai 75,14% atau sepanjang 652,595 Km. Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, ini merupakan peningkatan yang sangat signifikan.

" Dari data kondisi permukaan jalan kabupaten sepanjang sekitar 868 Km, terdapat 75,14 % (+/- 652,595 Km) jalan kabupaten berstatus mantap. Ini berarti bahwa terdapat sekitar 24,86 % (+/- 215,405 Km) lagi jalan kabupaten yang perlu mendapatkan pembangunan berupa peningkatan/pemeliharaan atau perbaikan jalan. Sehingga jalan kabupaten bisa mencapai 100 % berstatus permukaan jalan yang mantap. Ini menjadi target yang akan direalisasikan pembangunannya hingga tahun 2024 masa kepemimpinan Dambaan memimpin Tanah Bertuah Negeri Beradat,"Akmal. (mar)

Komentar Anda

Terkini