-->

Geliat KPM PKH, Upaya Tingkatkan Minat Baca Anak Sergai

Sabtu, 09 Juli 2022 / 05.36

Bupati Sergai H Darma Wijaya pada kegiatan Geliat bagi KPM PKH.(f-kominfo sergai)

PERBAUNGAN, KLIKMETRO.COM - “Saya sangat senang melihat anak-anak terbiasa membaca setiap hari. Selain membudayakan anak membaca sejak dini agar kedepannya kita tidak gelap akan pengetahuan, karena membaca adalah jendela dunia.” Demikian Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya menyampaikan arahan dan bimbingannya pada kegiatan gerakan literasi anak (Geliat) bagi Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) dalam mengembangkan kemandirian dan berinovasi di era digital.

Kegiatan yang dihelat Jumat, (8/7/2022) di halaman Kantor Dinas Sosial, Desa Pematang Sijonam Kecamatan Perbaungan, turut dihadiri Kadis Kominfo Sergai Drs H Akmal AP, M.Si, Kadis Sosial Arianto, S.Pd, M.Si, Kadis Perpusip Elinda Sitianur SE, para pelajar dan puluhan SDM KPM PKH.   

Dikesempatan itu Bupati mengapresiasi kolaborasi antara Dinas Sosial dan Dinas Perpusip yang telah  berinovasi menggagas terselenggaranya kegiatan ini sehingga mampu mencerdaskan anak-anak di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Bang Wiwiek, demikian akrab disapa, juga mengucapkan terimaksih atas inovasi yang digelar hari ini. Apalagi kegiatan ini dananya diperoleh secara swadaya dari kemampuan 65 SDM PKH dan pekerja sosial anak. Kolaborasi yang dibangun antara Dinas Sosial dan Dinas Perpusip bertijuan untuk meningkatkan minat baca dan wawasan anak KPM PKH serta dalam rangka mewujudkan Indonesia emas 2045. 

“Ini adalah suatu motivasi yang didapat dari hasil studi tiru dari daerah lain. Saya yakin pendamping PKH mampu membantu memberikan edukasi pentingnya kegiatan membaca bagi anak. Saya harap akan ada inovasi lain dari Dinas Sosial beserta SDM PKH yang bisa bermanfaat bagi masyarakat sekeliling,” ungkap Bang Wiwiek yang menginginkan jika kegiatan Geliat ini bisa dilaksanakan diseluruh kecamatan se-Sergai. 

Diakhir penyampaiannya, Bupati mengimbau kepada seluruh SDM PKH untuk lebih meningkatkan kekompakan di dalam tim agar kedepannya visi dan misi dapat tercapai sesuai harapan, pungkasnya. 

Kadis Sosial Arianto dalam laporannya mengatakan Geliat KPM PKH menyediakan perpustakaan berjalan untuk anak-anak yang dapat dimanfaatkan dengan membaca mulai dari buku cerita hingga buku pelajaran.

“Untuk kegiatan hari ini, masih digelar di Kecamatan Perbaungan, nanti seterusnya kami akan melaksanakan dengan berkeliling ke 17 kecamatan se-Sergai,” ujarnya. 

Kegiatan tersebut diwarnai dengan aktivitas membaca buku dengan dilengkapi kehadiran mobil perpustakaan keliling.(rel)

Komentar Anda

Terkini