-->

Ikut Saksikan Raon Teater, Musa Rajekshah Apresiasi Kehadiran KSBN

Jumat, 15 Juli 2022 / 12.15

Wagubsu Musa Rajekshah menyaksikan Raon Teater. (f-kominfo sumut)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah apresiasi kehadiran Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Provinsi Sumut yang tidak hanya sebagai tempat bersilaturahminya penggiat dan pecinta seni budaya, tapi juga tempat untuk berekspresi.

Hal ini disampaikan Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah saat menyaksikan tur kecil bertajuk “Raon Teater” oleh Teater Rumah Mata yang diadakan bersama KSBN di Warung by Tangga, Jalan Letjen Suprapto, Medan, Kamis (14/7/2022).  

“Terasa senangnya ada perkumpulan KSBN ini yang dari awal kita hadir dari semua lini seni budaya di Sumut gabung jadi satu. Semuanya bergabung tak ada unsur paksaan dan mudah-mudahan KSBN ini bisa hadir selamanya untuk tempat bersilaturahmi dan tempat berekspresi,” ujarnya sembari berharap selain Teater Mata, ada kelompok-kelompok seni lainnya yang mengekspresikan diri bersama KSBN.

Melihat penampilan Teater Rumah Mata, Ijeck berharap Raon Teater bisa terus berkegiatan, mengekspresikan bakat-bakat yang ada. “Semoga acara-acara ini bisa terus terlaksana dan semua bisa berkumpul terus di sini. Kami merasa terbantu kehadiran semua teman-teman di sini membantu kami pemerintah dalam meningkatkan kesenian di Sumut,” katanya.

Sementara itu, Ketua Teater Mata Agus Sosilo mengatakan pertunjukan yang mereka suguhkan mengangkat falsafah pohon bambu. “Di sini ada bambu-bambu, tadi sempat ada bambu yang jatuh tapi tak melukai, malah berbunyi. Teater Mata membawa bambu ada apa? Secara ekologi bambu bisa selamatkan ekosistem sungai,” kata Agus Sosilo dalam kata sambutannya usai  pertunjukkan bakatnya dalam berteater.

Namun, lanjut Agus, falsafah bambu ini belum digalih. “Saya coba berdiskusi dengan teman-teman, ayo ingat-ingatlah filosofi bambu. Bambu tanpa m jadi babu, m itu marwa, m itu merdeka, m itu martabat, bicara soal seni budaya harus ingat marwa, ingat merdeka ingat martabat,” ujar Agus.

Mengakhiri kegiatan, Ijeck pun berharap saat pelantikan pengurus KSBN mendatang, bisa diisi dengan ragam kegiatan seni budaya di ruang terbuka. 

“Pak Soekirman selaku Ketua KSBN telah menyiapkan dengan luar biasa untuk acara pelantikan nanti dan disampaikan gak usahlah pelantikan dibuat dalam gedung, dibuat saja di daerah Denai Lama, Pasar Kamu. Nanti di sana, kita buat lebih banyak kegiatan seni budaya,” tutup Ijeck.

Hadir dalam acara tersebut Ketua DPW KSBN Sumut Soekirman dan jajaran pengurus, Ketua Teater Imago Ayub Badrin dan jajaran.(rel)

Komentar Anda

Terkini