Indonesia Zero Kasus Cacar Monyet, Nawal Lubis: Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati

Senin, 08 Agustus 2022 / 19.16

Penasehat DWP Sumut Nawal Lubis menghadiri workshop cacar monyet di Kantor DWP Sumut.(f-kominfo sumut)

MEDAN, KLIKMETRO.COM – Indonesia saat ini masih zero kasus cacar monyet atau monkeypox. Meski begitu, masyarakat tetap perlu mengetahui seluk beluk mengenai penyakit menular tersebut dan berupaya mencegahnya, agar tidak masuk ke negeri ini.

Hal tersebut disampaikan Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis saat menghadiri workshop cacar monyet di Kantor DWP Sumut, Jalan Teuku Cik Ditiro, Medan, Senin (8/8/2022). 

“Cacar moyet belum ada di Indonesia, apalagi di Sumut, tapi kita perlu mengetahui seluk beluknya, sehingga bisa kita cegah, kita lebih baik mencegah daripada mengobati,” kata Nawal.

Karena itu, Nawal mengapresiasi DWP yang mengadakan workshop tersebut. Menurutnya, edukasi merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat. Terutama edukasi mengenai penyakit. Sehingga masyarakat bisa mencegah penyakit yang datang. 

“Saya apresiasi DWP yang memberikan edukasi kepada masyarakat, sesuai dengan mars DWP yang disebutkan kita untuk terus meningkatkan mutu pendidikan dan ekonomi, sosial dan budaya,” kata Nawal.
Lenni Evalena Sihotang, dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik yang menjadi pemateri workshop menyampaikan, saat ini kasus cacar monyet atau monkeypox sudah terdapat di beberapa negara. Bahkan negara tetangga Indonesia, Singapura telah melaporkan temuan kasus cacar monyet tersebut.
“Dari Kemenkes, penyakit ini belum ada di Indonesia, kemarin ada di Jawa Tengah suspek cacar monyet, tapi sekarang dipastikan suspek tersebut negatif cacar monyet, jadi belum ada satu kasus pun, tapi di Singapura sudah ada kasus, kita harus mewaspadai sehingga kita bisa mencegah, mudah-mudahan tidak masuk ke Indonesia apalagi ke Sumut,” kata Lenni.

Cacar monyet merupakan penyakit virus zoonosis atau penularan dari hewan ke manusia. Penyakit ini juga dapat menular dari manusia ke manusia melalui pernafasan atau kontak fisik.

Adapun pencegahannya yaitu dengan sering mencuci tangan dan menghindari menyentuh barang yang digunakan orang yang terinfeksi. Hindari pula melakukan kontak fisik dengan orang yang diduga terkena cacar monyet.(mar)
Komentar Anda

Terkini