-->

2 Minggu Tidak Turun Hujan, Puluhan Hektar Perbukitan Lereng Kawasan Danau Toba Terbakar

Senin, 12 September 2022 / 21.35

Kebakaran hutan di kawasan lereng perbukitan Desa Sikodon-kodong, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo.(f-ist)

KARO, KLIKMETRO.COm -  Tiga hari berturut api menjalar kesana kemari membakar kawasan lereng perbukitan Tongging dan lereng perbukitan Desa Sikodon-Kodong Kecamatan Merek, Kabupaten Karo Provinsi Sumut yang telah mencapai puluhan hektar.

Robby Purba warga desa Tongging kepada wartawan menyampaikan titik api mulai terlihat Sabtu (10/9/2022) sore sekira pukul 16, WIB. "Akibat angin cukup kencang dan kondisi rerumputan semak yang kering api cepat menjalar ke segala arah sehingga kami warga merasa kesulitan untuk memadamkannya," ujar Purba.

Titik api terlihat di tiga titik, yaitu  Lereng Desa  Tongging, Lereng Desa Sikodon -kodon dan lereng perbukitan Taman Simalem Indah Resort." Sejauh ini belum ada korban jiwa dan tanaman warga dapat di terhindar dari amukan api yang menjalar tersebut, " kata Robby Purba.

Manggala Akni dan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara UPT KPH XV Kabanjahe bekerja sama dengan warga sekitar, Senin (12/9/2022) sore berhasil meredam kobaran api hingga tidak ada lagi titik api yang berpotensi menjalar kembali.

Kepala UPT KPH XV Kabanjahe Sholahudin Lubis melalui salah satu pegawainya, Linda Br Tarigan, Senin (12/9/2022)  membenarkan adanya kebakaran tersebut.

"Kebakaran terjadi di lereng danau Toba tepatnya, lereng perbukitan Desa Tongging, Lereng Perbukitan Desa Sikodon -kodon dan lereng perbukitan Taman indah Simalem resort," jelasnya. (erwin)

Komentar Anda

Terkini