-->

Bantu Persediaan Stok di PMI, RS Hermina Medan Gelar Donor Darah

Kamis, 08 September 2022 / 19.51

RSU Hermina Medan bersama PMI, Lions Club Medan dan PSMTI Sumut menggelar donor darah.(f-ist)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Rumah Sakit Umum (RSU) Hermina Medan menggandeng PMI, Lions Club Medan (Host) dan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Sumut menggelar kegiatan donor darah di Ruang Serba Guna, Lantai 3 RSU Hermina Medan, Jalan Asrama/Ampera II, Kelurahan Sei Sikambing C II, Kecamatan Medan Helvetia, Kamis (8/9/2022).

Direktur RSU Hermina Medan dr Nine Mei MARS mengatakan kegiatan donor darah ini dilakukan dalam rangka mendukung PMI Kota Medan menjaga ketersediaan stok kantong darah. "Kantong darah ini nantinya untuk dapat disalurkan kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan," ujarnya.

Ia menyebutkan peserta donor darah yang telah mendaftar ada sebanyak 100 orang. Namun, peserta yang lolos screening untuk mendonorkan darahnya ada sebanyak 55 orang. "Kantong darah dari 55 orang ini nantinya diserahkan kepada PMI," sebutnya sembari menambahkan peserta donor darah berasal dari masyarakat sekitar RS, keluarga pasien dan karyawan RS. 

Ia menyampaikan kegiatan donor darah dilaksanakan setiap sekali tiga bulan. "Kita programkan untuk dapat membantu kebutuhan ketersediaan darah di PMI," ujarnya didampingi Publik Relation RSU Hermina Medan drg Andrew Richi Adinatha MM.

Nine Mei juga menyampaikan bahwa manajemen telah merencanakan untuk membuka layanan bank darah di rumah sakit tersebut. "Bank darah ditargetkan dalam tahun ini akan segera beroperasional. Selama inikan kalau kita membutuhkan darah harus ke PMI," ungkapnya.

Pihaknya menyediakan bank darah untuk menyimpan darah dalam jangka waktu yang relatif lebih panjang dimana RS swasta juga dapat menyediakan layanan bank darah rumah sakit berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 7 tahun 2011 tentang Pelayanan Darah. Dengan adanya bank darah rumah sakit ini, dapat memberikan pelayanan yang lebih cepat kepada pasien-pasien yang membutuhkan, antara lain pasien yang dilakukan operasi bedah saraf, operasi trauma, operasi melahirkan dengan resiko pendarahan, cuci darah (hemodialisa).

"Operasi-operasi tersebut membutuhkan darah yang cukup banyak, apalagi bagi korban kecelakaan yang datang ke RS. 

Kita memiliki dokter-dokter yang cukup lengkap untuk melakukan operasi kalau ada kecelakaan dan akan sangat membantu bagi pasien yang membutuhkan darah bila telah tersedia bank darah," tuturnya.

Sementara, Andrew Richi Adinatha menyampaikan bahwa RSU Hermina Medan adalah cabang ke 26 dari PT Medika Loka Hermina Tbk yang memiliki ketersediaan dokter spesialis, dokter gigi spesialis serta dokter sub spesialis yang cukup lengkap, antara lain dokter sub spesialis saraf (Neurologi) anak.

Rheumatologi, Kardiovaskular (Jantung), Bedah Digestif (saluran pencernaan), bedah Onkologi (Kanker), Penyakit Infeksi Tropis Anak, Neurovaskular, Bedah Saraf konsultan Spine Anak & Traumatologi, Onkologi Paru, Intervensi & Emergensi Paru serta Konsultan THT Otologi dan Rhinologi. (sit)

Komentar Anda

Terkini