-->

Bupati Sergai Ingatkan Umat Islam Ikuti Tauladan Nabi Muhammad SAW

Jumat, 14 Oktober 2022 / 06.32

Bupati Sergai H Darma Wijaya dan Wabup H Adlin Umar Yusri Tambunan menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H Kabupaten Sergai di Desa Bogak, Teluk Mengkudu. (f-kominfo sergai)

TELUK MENGKUDU, KLIKMETRO.COM - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati (Wabup) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H Kabupaten Sergai Tahun 2022 yang dilaksanakan di lapangan bola kaki Dusun I, Desa Bogak, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kamis (13/10/2022).

Membuka sambutannya, Bupati Sergai menyampaikan jika momen kali ini menjadikan umat Islam mengikuti tauladan Nabi Muhammad SAW untuk dijadikan pelajaran hidup. Bagi Bupati misi Nabi Muhammad SAW yang paling utama adalah menyempurnakan akhlak mulia.

“Akhlak adalah kunci pokok bagi tegaknya panji-panji kehidupan umat manusia. Suatu pembelajaran penting yang kita terima dari nabi Muhammad SAW adalah bahwa beliau memulai segala sesuatunya dari diri sendiri,” ujar Bupati.

Pria yang akrab disapa Bang Wiwik ini menyampaikan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kali ini hendaknya dijadikan momentum untuk lebih mengenal sosok yang saat ini ditempatkan sebagai salah satu orang nomor satu yang paling berpengaruh di dunia.

Masih lanjut Bupati, dimensi yang paling penting dalam memperingati Maulid Nabi adalah bagaimana umat Islam bisa meneladani dan melanjutkan misi kerasulan Nabi Muhammad SAW. Ia menyebut, Rasullulah mempunyai misi mulia sebagai pembawa risalah dari Allah SWT yaitu menyampaikan Islam yang Rahmatan Lil Alamin yaitu Islam yang kehadirannya di tengah kehidupan masyarakat mampu mewujudkan kedamaian dan kasih sayang bagi manusia maupun alam semesta.

“Nabi Muhammad SAW telah meletakkan dasar-dasar Islam dalam berbagai perspektif dan kebutuhan zaman. Tugas-tugas tersebut masih harus dilanjutkan oleh umat Islam sampai kapan pun dan di mana pun. Maka menjadi tugas umat Islam untuk melaksanakan dan melanjutkan misi beliau, baik misi vertikal sebagai hamba terhadap Tuhannya maupun misi horizontal sebagai khalifah untuk mengajak umat agar dapat saling menghargai dan selalu berbuat baik,” tambah Bang Wiwik.

Di kesempatan ini Bupati juga menyampaikan jika pihaknya telah melaksanakan program optimalisasi zakat dan infaq yang bersumber dari penghasilan ASN Pemkab Sergai. Program yang dinamai Gerakan Amal Saleh (GAS) ini, sebut Bupati, pengelolaannya bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Sergai untuk nantinya diberikan kepada yang berhak.

“Pada hari ini BAZNAS akan menyerahkan santunan kepada anak yatim sebanyak 100 orang dan bantuan kepada fakir miskin lansia sebanyak 25 orang. Bila dilihat mungkin nilainya tidaklah seberapa, namun niat baik ini dapatlah kita maknakan sebagai upaya untuk membuktikan bahwa Pemkab Sergai peduli kepada masyarakat yang membutuhkan. Sesuai dengan visi kabupaten yang Maju Terus:  Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” tandasnya. 

Sementara itu Wabup berpesan, mencintai Rasullulah bukan hanya sekedar merayakan hari kelahirannya dan tidak cukup hanya merasa bangga karena telah menjadi umat Nabi Muhammad yang berarti mendapat syafaatnya di hari kiamat. Namun menurut Adlin Tambunan, wujud dari cinta dan kebanggaan itu haruslah dibuktikan dengan melaksanakan semua perintah dan meninggalkan larangannya dan kemudian melanjutkan misi kenabiannya.

“Semoga seluruh rangkaian ibadah yang kita laksanakan pada hari ini dapat lebih meningkatkan kualitas iman dan takwa kita kepada Allah SWT,” harapnya.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kali ini diisi dengan tausiyah Ustadz Irfan Yusuf. Turut menghadiri Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, Ketua TP-PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya, Ketua GOPTKI Sergai Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan, Ketua Dharma Wanita Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy, Ketua MUI Sergai H. Hasful Husnain, SH, Ketua FKUB Sergai Irfan El Fuadi Lubis, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, dan masyarakat. (mar)

Komentar Anda

Terkini