-->

Edy Rahmayadi Tantang Pemkab Tapsel, Siapkan Lahan untuk Pengembangan Pertanian

Sabtu, 15 Oktober 2022 / 23.16

Gubsu Edy Rahmayadi saat memberi motivasi kepada kades, camat dan OPD se-Kabupaten Tapsel dan Padangsidempuan. (f-kominfo sumut)

TAPSEL, KLIKMETRO.COM - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) menyiapkan lahan untuk pengembangan pertanian. Komoditi utama yang perlu dikembangkan adalah bawang merah dan cabai merah.

Menurut Edy Rahmayadi, Tapsel memiliki lahan yang subur, apalagi masih banyak area yang belum tersentuh. Dia siap membantu pengembangan pertanian Tapsel bila masyarakat dan pimpinan di daerah ini berkomitmen meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Siapkan lahan 100 hektare, kita tanam cabai dan bawang merah, karena produksi bawang merah dan cabai merah di sini kecil, akan saya bantu asal sesuai aturan," kata Edy Rahmayadi saat memberikan motivasi kepada Kepala Desa, Camat, OPD se-kabupaten Tapsel dan Kota Padangsidimpuan di Gedung Serbaguna Kantor Bupati Tapsel, Sipirok, Sabtu (15/10/2022).

Selain itu, Edy Rahmayadi juga meminta camat, kepala desa untuk mengembangkan potensi daerahnya. Dengan kekayaan alam yang luar biasa Edy Rahmayadi yakin Tapsel mampu berkembang, asalkan para kepala desa, camat mau berinovasi dan bekerja lebih keras.

"Kita harus bergerak dari desa biar orang-orang desa tak mau ke kota, kalau ke kota ya siapa yang membangun desa, jadi terus gali potensi desamu," kata Edy Rahmayadi didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumut Nawal Lubis.

Sementara itu, Bupati Tapsel Dolly Putra Parlindungan Pasaribu mengatakan banyak desa yang terus berkembang di Tapsel. Misalnya masyarakat adat HATABOSI yang merupakan gabungan empat desa  Haunatas, Tanjung Rompa, Bonan Dolok dan Siranap berhasil meraih KALPATARU.

"Keempat desa ini berhasil bersama-sama menjaga lingkungan demi kesediaan air yang berkesinambungan dan itu sudah berlangsung selama kurang lebih 120 tahun," kata Dolly Putra Parlindungan.

Pada kunjungan kerjanya bertemu kepala desa, Camat, OPD se-Kabupaten Tapsel dan Padangsidimpuan tersebut,  Edy Rahmayadi juga memberikan bantuan berupa alat pertanian dan  bibit cabai. Dia juga membagikan alat kesehatan untuk Puskesmas serta bantuan sembako untuk masyarakat.

Hadir pada pertemuan tersebut Anggota DPR RI Gus Irawan Pasaribu, Ketua TP PKK Tapsel Rosalina Dolly Pasaribu dan Sekda Tapsel  M Frananda. Hadir juga OPD Pemprov Sumut antara lain Plt Kadis Kominfo Ilyas Sitorus, Kadis Kesehatan Ismail Lubis, Kadis Bina Marga dan Bina Konstruksi Bambang Pardede, serta OPD terkait lainnya. (mar)

Komentar Anda

Terkini