-->

Pertahankan WTP 4 Tahun Berturut, Pemkab Sergai Raih Penghargaan dari Kemenkeu

Jumat, 04 November 2022 / 07.06

Bupati Sergai H Darma Wijaya menerima penghargaan dari Kemenkeu yang diserahkan Gubsu Edy Rahmayadi. (f-kominfo sergai)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Kinerja laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) mendapat apresiasi dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI). Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara (Provsu) memberikan penghargaan kepada Pemkab Sergai atas keberhasilannya dalam menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2021 dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), di Aula Tengku Rizal Nurdin, Kamis (3/11/2022).

Pasca penyerahan penghargaan, Bupati Sergai H. Darma Wijaya menyampaikan jika penghargaan ini merupakan kebanggaan tersendiri karena merupakan pengakuan pemerintah pusat terhadap kinerja laporan keuangan Pemkab Sergai yang untuk tahun keempat berturut-turut meraih WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan Daerah (BPK).

“Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sumut Heru Pudyo Nugroho didampingi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Beliau menyampaikan, capaian ini merupakan motivasi bagi Sergai untuk mempertahankan kinerja baiknya dan meminimalisir permasalahan yang ada dalam laporan keuangan kedepannya,” ucap pria yang akrab disapa Bang Wiwik ini.

Darma Wijaya juga berharap, agar opini WTP ini tidak hanya sekadar predikat saja, namun juga memiliki pengaruh bagi kesejahteraan bagi masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Tak lupa saya mengucapkan terima kasih atas kerja keras OPD yang saling sinergi bekerja untuk mencapai predikat WTP ini. Mudah-mudahan semangat yang sama tetap terjaga dan prestasi serupa tetap bisa kita capai untuk tahun-tahun selanjutnya,” pungkasnya.

Sebelumnya Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sumut Heru Pudyo Nugroho menginformasikan untuk wilayah Sumut ada 25 kabupaten/kota yang meraih WTP berturut-turut selama 4 sampai lebih dari 5 tahun.

“Selain Sergai, kabupaten dan kota yang juga masuk dalam kategori WTP 4 tahun berturut-turut di antaranya Batubara, Deli Serdang, Karo, Nias, Nias Barat, Padang Lawas, Pakpak Barat, Sergai, Tapanuli Tengah, Kota Medan, Padang Sidempuan, Kota Pematang Siantar, Kota Sibolga, dan Kota Tebing Tinggi. Sedanhkan daerah yang meraih predikat WTP di atas lima kali berturut diraih oleh Labuhan Batu Selatan, Taput, Asahan, Dairi, Humbahas, Samosir, Tapanuli Selatan, Toba, Kota Binjai,” rincinya.

Di kesempatan serupa, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengingatkan jika WTP ini merupakan kewajiban yang memang sudah seharusnya diraih setiap daerah.

“Kita mesti menyelesaikan kerja pemerintahan dengan hasil yang sebaik mungkin dan wajib sesuai standar,” tegasnya.

Penyerahan penghargaan WTP atas LKPD 2021 tersebut juga dirangkaian dengan kegiatan Penghargaan Satker Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran–Wilayah Lingkup Provinsi Sumut yang dilanjutkan dengan pemaparan Current Issue.

Ikut mendampingi Bupati Sergai Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKA) M. Zuhri Lubis, SE. (rel)

Komentar Anda

Terkini