-->

Ratusan Nelayan Sergai Akan Terima Bantuan Konverter BBM ke BBG

Jumat, 18 November 2022 / 13.24

Pemkab Sergai menggelar rakot agenda penyerahan bantuan konverter BBM ke BBG bagi nelayan. (f-kominfo sergai)

SEI RAMPAH, KLIKMETRO.COM - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menghadiri rapat koordinasi daerah (rakor) dengan agenda penyerahan bantuan konverter bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG) bagi nelayan sasaran Tahun Anggaran (TA) 2022, yang dilaksanakan di ruang kerja Sekdakab Sergai, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Kamis (17/11/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Sergai menyampaikan jika kegiatan konversi BBM ke BBG bagi nelayan sasaran TA 2022 adalah program Kementerian ESDM sebagai wujud ketahanan energi bagi masyarakat Indonesia. Ia mengapresiasi rencana penyerahan bantuan alat konversi BBM ke BBG  yang rencananya akan diberikan kepada kelompok nelayan, besok (18/11) di Pantai Romantis, Perbaungan.

“Seperti yang kita ketahui, biaya operasional penangkapan ikan hampir 70%-nya adalah BBM. Biaya produksi tentu akan sulit untuk mengikuti fluktuasi harga BBM. Sebagai tindaklanjut pertemuan terakhir mengenai konversi BBM ke BBG pada tanggal 26 s.d. 29 Oktober yang lalu, maka Pemkab Sergai dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan (Diskanla) melaksanakan rakor dalam Rangka Sosialisasi dan Launching Kegiatan Konversi BBM bagi 804 nelayan sasaran di Kabupaten Sergai,” ujar Bang Wiwik, sapaan akrabnya.

Ia melanjutkan, kegiatan pada hari ini merupakan hal yang sangat menggembirakan karena perwakilan dari Kementerian ESDM, DPR-RI, PT Pertamina, Konsultan Pengawasan dan konsultan penyedia serta pihak penyedia dalam hal ini PT. Honda, berkesempatan hadir.

“Dengan adanya koordinasi antara Kementerian ESDM, PT. Pertamina, Penyedia dan Pemkab Sergai sebagai penerima manfaat, maka kegiatan penyerahan converter kit BBM-BBG dan kelengkapannya pada hari Jumat, 18 November 2022 di Pantai Romantis di harapkan dapat berjalan dengan baik,” harapnya.

Terakhir Bupati menyampaikan terima kasih kepada Kementerian ESDM dan Perwakilan DPR-RI atas aspirasinya sehingga nelayan di Kabupaten Sergai dapat menerima manfaat konversi BBM ke BBGS.

“Semoga bantuan serupa dapat diberikan untuk tahun depan dalam jumlah yang lebih banyak lagi,” harapnya.

Adapun bantuan konverter BBM ke BBG akan diserahkan kepada 804 nelayan di 5 kecamatan yang terbagi ke dalam 3 spesifikasi mesin (PK) yaitu 5-7.5 (v1), 8-10 (v2), dan 13 (v3). Rincian jumlah bantuan yaitu Kecamatan Pantai Cermin sebanyak 259 nelayan, Teluk Mengkudu 307 nelayan, Tanjung Beringin 42 nelayan, Perbaungan 79 nelayan, dan Bandar Khalifah sejumlah 117 nelayan.

Hadir dalam rakor ini di antaranya Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, Kepala Diskanla Sergai Dr. Claudia Siregar, SKM, M.Kes, dan para Camat. (mar)

Komentar Anda

Terkini