Antisipasi Lonjakan Arus Mudik, Kapolres Tinjau Pos Pelabuhan Sibolga

Selasa, 20 Desember 2022 / 13.49

Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja bersama Dandim 0211/TT Letkol Inf Jon Patar Hasudungan Banjarnahor melakukan peninjauan di Pelabuhan Sibolga. (f-ist)

SIBOLGA, KLIKMETRO.COM - Menjelangnya natal dan tahun baru (Nataru) 2022 menuju 2023, Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja bersama Dandim 0211/TT Letkol Inf Jon Patar Hasudungan Banjarnahor melakukan peninjauan sekaligus pengecakan pos pengamanan dan kelayakan kapal penumpang penyeberangan wilayah Kota Sibolga dan Nias di Pelabuhan ASP Kelurahan Aek Manis, Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga.

"Hari ini, kita melakukan pengecekan kedatangan kapal penumpang dari Pulau Nias menuju Kota Sibolga yang tiba di Pelabuhan ASP Sibolga serta melihat kelayakan kapal penumpang di Pelabuhan Pelindo Sibolga Sambas," kata Taryono saat dikonfirmasi, Selasa (20/12/2022).

Ia juga menyebutkan berdasarkan dari data yang diperoleh pihaknya selama tiga hari menjelang nataru, pemberangkatan kapal penumpang Sibolga Nias di Pelabuhan Sibolga kurang lebih 2100 penumpang.

"Jadi jika dibandingkan dari tahun 2021 sebelumnya pemberangkatan H-7 itu  diangka 2800, artinya kami memperediksi di tanggal 22 sampai dengan 23 Desember tahun 2022 nantinya bisa terjadi lonjakan penumpang. Sehingga kami (unsur Forkopimda) melakukan pengecekan kelayakan, keamanan bagi penumpang kapal yang hendak berangkat dari pulau Nias menuju Kota Sibolga," ucapnya.

Pihaknya juga telah menyiapkan tiga pos terpadu satu pos pengamanan dan satu pos pelayanan yang tersebar diwilayah Kota Sibolga menjelang nataru nantinya.

"Ketiga pos terpadu tersebut kami sudah tempatkan di moda - moda transfortasi yakni di Pelabuhan Pelindo, Pelabuhan Asp dan Terminal Sibolga, serta satu pos pelayanan di Jalan SM Raja Sibolga yang tepat di lokasi Swalayan Aido Sibolga," sebutnya.

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat kota Sibolga agar dalam melakukan mudik nataru mendatang untuk tidak perlu membawa barang yang berlebihan seperti perhiasan untuk mengantisipasi hal - hal yang tidak diinginkan. 

"Kami himbau bagi pemudik yang lelah dalam melakukan perjalanan bisa singgah di pos pelayanan dan pos pengamanan yang sudah kami disiapkan sebagai rest area," jelasnya. (riz)

Komentar Anda

Terkini