Roadshow di 6 Kecamatan, Dhiyaul Tampung Aspirasi Warga dan Tinjau Jembatan Rusak

Minggu, 11 Desember 2022 / 20.25

Anggota DPRD Medan Dhiyaul Hayati SAg MPd menggelar reses Masa Sidang III Tahun Ketiga TA 2022 di enam kecamatan, Sabtu-Minggu (10-11/12/2022). (ft-maria/klikmetro)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dhiyaul Hayati SAg MPd menggelar roadshow di enam kecamatan saat Reses Masa Sidang III Tahun Ketiga TA 2022 selama 2 hari, Sabtu-Minggu (10-11/12/2022). 

Pada kegiatan menyerap aspirasi warga tersebut, Dhiyaul juga meninjau jembatan rusak di Jalan Brigjend Katamso, Gang Perbatasan Atas, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Medan Maimun, Minggu (11/12/2022). Namun jembatan yang merupakan akses menuju kawasan SMA Negeri 2 Medan itu ternyata bekas titian rel kereta api. Kondisinya tampak memprihatinkan. Kayu-kayu mulai lapuk dan besinya berkarat serta keropos sehingga rentan tumbang. Menurut warga, mereka terpaksa memutar jalan sejauh 2 kilometer.

Kondisi jembatan yang merupakan titial rel kereta api di Jalan Brigjen Katamso, Gang Perbatasan Atas, Kelurahan Kampung Baru, Medan Maimun. (ft-maria/klikmetro)

"Permasalahan ini akan saya sampaikan ke Pemko Medan, karena ini merupakan titian rel KA yang sudah lama tidak difungsikan," ujar Dhiyaul Hayati yang langsung meninjau jembatan tersebut usai melaksanakan reses di Jalan Brigjend Katamso, Gang Perbatasan Atas, Medan Maimun.

Sebelumnya dalam reses tersebut, Dhiyaul menyampaikan tugas dan fungsi anggota DPRD Medan. Reses yang digelar untuk menyerap aspirasi warga berikut berbagai permasalahannya agar diperoleh solusi dan perbaikan dari Pemerintah kota Medan. 

"Kegiatan reses ini untuk menyerap aspirasi masyarakat. Apa saja persoalan yang dialami, kemudian sampaikan kepada kami selaku wakil rakyat. Aspirasi yang ditampung dari masyarakat ini dapat terakomodir dalam bentuk Pokir (Pokok Pikiran) anggota dewan dan disampaikan di paripurna DPRD Medan ,"ujar legislator asal dapil V (lima) yang meliputi Kecamatan Medan Selayang, Sunggal, Polonia, Tuntungan, Maimun dan Medan Johor.

Di kesempatan sama, politisi PKS ini juga menyebutkan sekarang ini warga masyarakat Kota Medan tidak akan kesulitan lagi berobat gratis. Hal itu dikarenakan Ibukota Provinsi Sumatera Utara ini telah merealisasikan program Universal Health Coverage (UHC) sehingga masyarakat cukup berobat dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di seluruh rumah sakit provider BPJS Kesehatan.

"Jadi masyarakat yang sebelumnya sudah mendaftar BPJS Kesehatan dan menunggak iuran, tetap dapat berobat gratis di rumah sakit. Cukup dengan membawa KTP, khususnya bagi warga Medan,"jelas Dhiyaul Hayati seraya menjawab soalan masyarakat yang masih bingung berobat menggunakan KTP lantaran iuran BPJS kesehatannya masih menunggak.

Selain persoalan BPJS Kesehatan, warga juga mengemukakan berbagai persoalan saat menghadiri reses Dhiyaul Hayati.

Seperti disampaikan Maswarni Nasution, warga Kelurahan Mangga, Medan Tuntungan yang meminta agar PBB tidak naik setiap tahun dan bagaimana cara mendapat paket c gratis. Selain itu juga warga di Medan Tuntungan menyampaikan kondisi lampu jalan putus di Jalan Karet VI, Perumnas Simalingkar. Di Jalan Bunga Kardiol drainase butuh perbaikan karena salurannya tersumbat. Warga juga meminta perbaikan jalan di Kelurahan Baru Ladang Bambu.

Sementara saat reses di Medan Sunggal, warga menyoalkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang dinilai datanya tidak update. Bahkan yang sudah meninggal masih dapat bantuan. Ibu Murni Ginting, Warga Jalan Kiwi Medan Sunggal yang merupakan janda pensiun tapi tidak mendapat potongan PBB. Tagihan PBB nya hanya dipotong Rp 100 ribu padahal sudah diurus ke BP2RD Kota Medan.

Sedangkan di Medan Maimun, ibu Sofia, warga Kelurahan Jati Medan Maimun menanyakan bantuan UMKM yang tidak kunjung keluar, padahal sudah didaftarkan. 

Di kesempatan sama, warga Lingkungan 4 Lorong 8 Jalan Samanhudi meminta adanya lampu jalan sebab banyak pencurian.

Semua aspirasi masyarakat ditampung untuk diperoleh perbaikan ke depannya.

Adapun kegiatan roadshow reses digelar selama 2 hari, Sabtu-Minggu (10-11/12/2022) di enam lokasi terpisah dan menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan dimulai, Sabtu (10/11/2022) sedari pukul 09.00 di Jalan  Merpati, Kelurahan Sei sikambing B, Kecamatan Medan Sunggal. Kemudian dilanjutkan pukul 13.30 wib di Jalan Eka Surya, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor dan pukul 16.00 hingga 18.00 wib di Jalan Melati, Tanjung Sari, Medan Selayang. 

Selanjutnya Minggu (11/1/2022) pukul 09.30-12.00 Wib di Jalan Jamin Ginting Medan Tuntungan. Kemudian pukul 13.30-15.30 Wib di Jalan Monginsidi, Kelurahan Polonia, Kecamatan Medan Polonia dan pukul 16.00-18.00 Wib di Jalan Brigjend katamso Gang Perbatasan Atas Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Medan Maimun. (mar)

Komentar Anda

Terkini