Bupati Batubara Dukung Penuh Ekspedisi Geopark Kaldera Toba

Senin, 30 Januari 2023 / 19.01

Bupati Batubara Ir Zahir MAP menyerahkan plakat cendramata kepada Ketua SMSI Sumut Eris J Napitupulu. (ft-kominfo batubara)

BATUBARA, KLIKMETRO.COM - Bupati Batubara Ir Zahir MAP menerima Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumatra Utara bersama pengurus SMSI Kabupaten Batubara, Sabtu (28/1/2023) di Rumah Dinas Komplek Perumahan Inalum, Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Barubara, Sumatra Utara.

Kedatangan pengurus SMSI Sumut dipimpin Ketua Eris J. Napitupulu, Penasehat SMSI Sumut Rony Purba, Bendahara Agus S.Lubis dan Wakil Ketua Bidang OKK Irwan Manalu didampingi Ketua SMSI Kabupaten Batubara Yaser Hambali, dan Sekretaris Mazlan.

Erris menjelaskan, untuk Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023, Sumatera Utara sebagai tuan rumah, dan SMSI menggelar Ekspedisi Geopark Kaldera Toba, agenda itu merupakan kegiatan utama pada event tahun ini.

Selain itu, SMSI Sumut akan menyelenggarakan silaturahmi nasional yang akan dihadiri pemilik media online dari seluruh Indonesia. Sekaligus Pelantikan Pengurus SMSI Sumut periode 2022-2027 di Medan pada 7 Februari 2023.

“Ada sekitar 200 perwakilan pemilik media akan ikut serta mengitari potensi wisata dalam Ekspedisi Geopark Kaldera Toba. Ini untuk mempertahankan Kaldera Toba agar tetap tercatat sebagai kekayaan alam dunia oleh UNESCO,”sebutnya.

Wartawati senior di Kantor Gubernur Sumut itu juga memaparkan, progres pelaksanaan HPN 2023 SMSI. Di antaranya persiapan titik kunjungan wisata di Kabupaten Tapanuli Utara, Samosir, Pematang Siantar dan Serdang Bedagai.

Erris yang juga Ketua Panitia kegiatan di SMSI Sumut berharap dengan kegiatan itu dapat menarik perhatian Internasional terhadap potensi alam yang dimiliki Sumatera Utara.

“Dunia akan melihat betapa luar biasanya kekayaan alam kita (Sumut). Negara luar akan melihat, kita tidak hanya punya Bali, Lombok dan potensi-potensi daerah lain. Terutama Danau Toba yang telah mencanangkan sebagai Destinasi Wisata Super Prioritas,”ungkapnya.

Menurutnya Erris, rangkaian kegiatan HPN 2023 SMSI Sumut itu, akan dilaksanakan juga pemberian anugerah berupa penghargaan kepada sejumlah pimpinan daerah, termasuk bagi perusahaan umum daerah yang ada di Sumatera Utara.

“SMSI juga akan memberikan anugrah berupa penghargaan kepada sejumlah pimpinan daerah ditanggal 7 Februari 2023 nanti dan kepada dua (2) BUMD milik Pemprov Sumut,”terang Erris.

Mendengar itu, Bupati Batubara Ir Zahir MAP mendukung penuh pelaksanaan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba, 4-7 Februari, dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023.

Dalam perkembangan pers merupakan mitra strategis yang sangat dibutuhkan mempublikasikan dan menginformasikan program kerja pembangunan Kabupaten Batubara sampai ke masyarakat luas.

Zahir berharap seluruh wartawan se-Indonesia yang ikut dalam rangakian HPN 2023 dapat menikmati keindahan wisata alam Danau Toba.

“Termasuk objek wisata lain seperti Kabupaten Batubara memiliki destinasi wisata kuliner yang layak diekspos. Sehingga diharapkan potensi wisata di Sumatera Utara  dapat semakin terangkat di dalam dan luar negeri.”ujarnya.

Bupati sangat mendukung pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan Dewan Pers. Bahkan Pemkab Batubara setiap tahun melaksanakan UKW, tujuannya agar wartawan di Pemkab Batubara lebih maju dan profesional dalam bertugas.

Ia juga mengaku tidak anti terhadap wartawan dan mau menerima masukan dan kritikan yang membangun.

“Wartawan juga harus mampu menggali narasumber sehingga berita yang disajikan tidak hoax dan dapat dipertanggungjawabkan,”tuturnya.

Terkait Ekspedisi Geopark Kaldera Toba yang dilaksanakan SMSI Sumut, Bupati siap membantu.

“Apa yang nantinya dibutuhkan pada kegiatan tersebut, saya akan berkoordinasi dengan SMSI yang ada di Kabupaten Batubara,”tutupnya.

Pertemuan itu turut hadiri, Asisten III Pemkab Batubara Renold Asmara AP SH, Kabagpem Muhammad Yasir dan Kadis Kominfo Edwin AS.

Diakhir pertemuan, Bupati Batubara juga menyerahkan plakat cendramata kepada Ketua SMSI Sumut. (dani)

Komentar Anda

Terkini