Bupati Lakukan Beragam Kegiatan di Kecamatan Sunggal

Sabtu, 25 Februari 2023 / 18.47

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan melakukan berbagai kegiatan di Kecamatan Medan Sunggal, diantaranya meresmikan jalan di Desa Mulio Rejo. (ft-kominfo deli serdang)

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM - Secara bergiliran, Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan rutin mengunjungi setiap kecamatan. Setelah Kecamatan Percut Sei Tuan, Patumbak, Namorambe, Pantai Labu, Pancur Batu, dan kecamatan lainnya, kali ini giliran Kecamatan Sunggal.

Pada kunjungannya di Kecamatan Sunggal, Kamis (23/2/2023), beragam agenda dilakukan Bupati. Mulai dari penyerahan bantuan material bangunan kepada tujuh kepala keluarga korban kebakaran di Desa Mulio Rejo, dilanjutkan dengan meresmikan Jalan Melati, Dusun 13, Desa Mulio Rejo, yang telah selesai dibangun sepanjang 1.200 meter, serta meresmikan pembangunan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas). 

Tidak sampai disitu saja, Bupati juga meninjau perekaman e-KTP terhadap para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah, meresmikan Masjid Al-Kautsar sekaligus menyerahkan bantuan Sajadah, Rehal Al Qur’an serta pemberian paket sembilan bahan pokok (sembako). Dilanjutkan dengan peresmian Tugu Selamat Datang Desa Medan Krio.

"Banyak hal positif, terutama keguyuban dan kebersamaan masyarakat, kekompakan para kepala desa dan semangat untuk membangun Deli Serdang, khususnya wilayah Sunggal untuk menjadikan Deli Serdang dengan Kecamatan Sunggal yang maju, sejahtera, religius dan rukun dalam kebhinekaan. Berbagai usulan sudah disampaikan dan akan menjadi catatan. Ini untuk memastikan aspirasi masyarakat dengan pembangunan bisa diterima," kata Bupati dalam sambutannya.

Disebutkan Bupati, dua tahun belakangan ini, kondisi pembangunan di Deli Serdang memang tidak seperti tahun-tahun sebelumnya karena adanya pandemi Covid-19. Namun, Bupati meyakinkan, ketertinggalan itu akan dikejar di tahun ini dan akan datang.

Untuk program pembangunan di tahun 2023 dan selanjutnya, pembangunan infrastruktur jalan, pendidikan dan kesehatan menjadi perhatian utama.

Sementara itu, Camat Sunggal, Danang Purnama Yuda SSTP dalam paparannya menjelaskan Kecamatan Sunggal terdiri dari 17 desa dengan jumlah penduduk 257,70 ribu jiwa.

Dari tahun 2019 sampai 2022, melalui Dana Desa, dilakukan pemasangan paving blok sekitar 440 kilometer (km), pengerasan jalan 1,8 km, pembangunan irigasi 100 km, pembuatan parit 505 km, penimbunan, pembangunan gapura dan pembangunan jembatan beton 26 meter serta pembangunan kamar mandi.

Program pembangunan Kecamatan Sunggal tahun 2023, rinci Danang, pertama pelaksanaan bedah rumah, baik dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang, corporate social responsibility (CSR) dan swadaya masyarakat.

Kemudian, pembangunan ruas jalan sepanjang  1,5 km di berbagai desa, peningkatan ruas jalan sekitar 3 km, pembangunan saluran drainase 1,2 km, pembuatan bendungan pengendali banjir, serta pembangunan jalan lingkungan desa se-Kecamatan Sunggal 850 meter, rehabilisasi jalan 700 meter, dan pembangunan irigasi sepanjang 25 km.

Di kesempatan itu, dirangkai pula dengan penyerahan akta kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA), kunci bedah rumah kepada tiga warga, serta pemberian santunan pada anak yatim.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas (Kadis) Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK), Janso Sipahutar ST MT; Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Drs H Misran Sihaloho MSi; Kadis Perumahan, Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan), Heriansyah Siregar ST; Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Drs Khairul Azman MAP; Kadis Cipta Karya dan Tata Ruang (Cikataru), Rachmadsyah ST; Kadis Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB), Era Permata Sari SH MM; Kadis Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfostan), Dr Dra Hj Miska Gewasari MM; Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Drs Syahrul MPd; unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Sunggal; tokoh agama dan masyarakat serta kepala desa se-Kecamatan Sunggal. (lbs)

Komentar Anda

Terkini