Hari Peduli Sampah Nasional, Kapolres Sibolga Bersama Forkopimda Menanam Mangrove

Minggu, 12 Februari 2023 / 15.06

Peringati HPSN, Polres Sibolga melakukan penanaman mangrove. (ft-ist)

SIBOLGA, KLIKMETRO.COM - Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharjo S.H., S.I.K, M.H, didampingi Ketua Pengurus Bhayangkari Cabang Sibolga Ny. Ria Taryono menghadiri kegiatan Penanaman Mangrove bersama Forkopimda Sibolga yang di laksanakan di jalan Baru kelurahan pasar Belakang kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga, Jumat (10/2/2023) sekira pukul. 08 00 wib.

Sebanyak 3600 ( tiga ribu enam ratus ) bibit batang pohon mangrove di tanam di areal Bufet Zoom Pertamina (pantai Ancol Sibolga). Taryono menjelaskan kegiatan yang di lakukan pagi ini adalah untuk memperkuat komitmen dan peran aktif pemerintah daerah serta forkopimda kita Sibolga dalam Melaksanakan pengelolaan sampah serta memperkuat partisipasi publik dalam Zero emisi dalam gerakan memilah sampah. 

"Ini salah satu bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar dan bermanfaat untuk kita semua dan juga salah satu bentuk kepedulian terhadap ekosistem mangrove yang ada di kota Sibolga," ujarnya .

Taryono menambahkan tumbuhan mangrove memiliki fungsi yang besar bagi kehidupan Manusia, antara lain dapat menahan arus air laut yang dapat mengikis pinggiran daratan pantai, menyerap gas karbon dioksida dan penghasilkan oksigen, sebagai tempat biota laut seperti ikan kecil, kepiting, melindungi pantai dan sungai dari erosi dan abrasi, menahan angin kencang dari laut, menahan proses penimbunan lumpur dan menjaga wilayah penyangga dan menyaring air laut menjadi air tawar di daratan. 

"Kita juga berharap kepada masyarakat khususnya kota Sibolga untuk peduli dan bisa menjaga serta bersama - sama melestarikan tanaman mangrove yang ada di sini," harapnya. 

Sebelum kegiatan penanaman mangrove di laksanakan Polres Sibolga berserta jajaran forkopimda melaksanakan Senam kesegaran jasmani 88 dan setelah itu di lanjutkan dengan berjalan kaki menuju ke Depot Pertamina untuk melaksanakan penanaman mangrove di lahan perairan depot Pertamina

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wali kota Sibolga H. Jamaluddin Pohan, PLT. Kadis  PKPLH, Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharjo S.H., S.I.K., M.H., Dandim 0211/ TT Letkol Inf Jon Patar Hasudungan Banjarnahor S.IP, Dan Lanal Sibolga Letkol Laut ( P ) Cahyo Pamungkas, M..Tr, Opsla, Perwakilan Dansatradar 234 Sibolga, Staf ahli Bidang pemasyarakatan dan sumber daya manusia Drs. H. Yasman M .M., Fuel Terminal Manager Pertamina H. Ismail Saleh S.E beserta Staf beberapa lurah, Kepling serta masyarakat. (mami)

Komentar Anda

Terkini