Hikmah Perjalanan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW oleh Hasbi Wiharso

Jumat, 17 Februari 2023 / 14.53

Ustadz Hasbi Wiharso menyampaikan  khutbah Jumat di Masjid Jami Al-Ridha Kelurahan Lima Puluh Kota, Kecamatan Lima Puluh, Jumat (17/2/2023). (ft-dani/klikmetro)

BATU BARA. KLIKMETRO.COM - Peringatan Isra Mi'raj setiap tahun dilaksanakan oleh Umat Islam, peristiwa yang mulia dalam Islam tersebut terjadi tentu memiliki maksud dan tujuan dari Allah SWT, ada hikmah yang terkandung. Sebagai umat Islam harus mampu mengambil hikmah dari perjalanan suci Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW, dalam peristiwa tersebut dapat memotivasi kita menjadi lebih baik lagi. Hal ini disampaikan oleh Ustadz Hasbi Wiharso, SH. saat menyampaikan isi khutbah Jumat di Masjid Jami Al-Ridha Kelurahan Lima Puluh Kota, Kecamatan Lima Puluh, Jumat (17/2/2023). 

Adapun hikmah Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW yaitu: Pertama adanya pengakuan Allah SAW kepada hambanya Muhammad. Allah berfirman "Maha suci Allah yang memperjalankan hambanya". Nabi Muhammad mendapatkan pengakuan langsung dari Allah sebagai hambanya. Mendapat pengakuan dari Allah merupakan sesuatu yang luar biasa dan memiliki hikmah tersendiri. 

Kedua sebagai hikmahnya, sebagaimana firman Allah "Minal Masjidil Haromi Ilaal Masjidil Aqso" bahwa adanya perjalanan dari satu Masjid ke Masjid lainnya, yaitu perjalanan dari Masjidil harom Makkah ke Masjidil Aqso Palestina. 

Arti perjalanan dari Masjid ke Masjid, adanya sebuah keistimewaan Masjid, dan ternyata tempat teraman dunia adalah Masjid, selanjutnya maka kita akan mencintai Masjid. Dan mengharuskan untuk sholat ke Masjid, sehingga muncul kecintaan kita kepada Masjid. Allah mengangkat dan mencintai Masjid. Rukun Islam ke lima mewajibkan untuk berangkat ke Masjid yaitu Masjidil Haroom, ujarnya. 

Sementara keistimewaan Masjid, menurut Firman Allah dalam Al-Quran "Sesunguhnya orang yang memakmurkan Masjid lah, orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat".

Jangan ngaku beramal tapi belum ke Masjid, ngaku beriman kepada Allah tapi tidak ke Masjid., sedangkan Allah sangat memuliakan Masjid. Orang yang berangkat ke Masjid untuk beribadah dapat keutamaan, sekian langkah menuju tempat sholat Masjid, sama dengan shodaqoh, bagi laki-laki sangat dianjurkan sholat ke Masjid. Sampai sampai ada ulama yg mewajibkan sholat ke Masjid. Sehingga begitu penting kembali ke Masjid, satu langkah akan menghapus dosa kita dan satu langkah akan memberikan kebaikan. 

Ketiga hikmah Isra' Mi' raj yaitu menunjukkan tanda tanda kebesararan Allah. Saat perjalanan Isra Miraj Rasul diperlihatkan hal-hal yang luar biasa, di surga penuh dengan keindahan dan kenikmatan. Sementara Rasul juga diperlihatkan neraka, bagaimana mereka disiksa, dan sebagai hikmahnya yaitu dalam setiap perbuatan dunia ada konsekwensi akhirat. Orang-orang baik ditempatkan ke surga dan orang jahat di neraka, sementara neraka diisi oleh orang-orang Kafir, inkar dan munafik. 

"Isra Miraj memberitahu kepada manusia bahwa setiap perbuatan manusia di dunia ada konsekwensinya di akhirat, dan semua perbuatan akan dipertanggung jawabkan dihadapan Allah SWT kelak,".

Keempat, hikmah Isra Miraj diantaranya bisa melihat wujud asli malaikat jibril, dan sayap jibril bisa menutupi langit, sehingga dapat menambah keyakinan ummat bahwa akhirat lebih baik dari dunia.

Dan hikmah Isra Miraj yang kelima, yaitu menerima perintah sholat 5 waktu sehari semalam, Semalas-malasnya orang beriman sholatnya 5 waktu itu, seharusnya lebih dari itu. Mari rayakan peringatan Isra Miraj dengan suka cita mengambil hikmah di masa akan datang. (dani)

Komentar Anda

Terkini