Kabar Gembira! Pemko Medan Kembali Gelar Mudik Gratis Menyambut Idul Fitri

Kamis, 16 Februari 2023 / 20.21

Kepala Dinas Perhubungan Medan Iswar Lubis. (ft-kominfo medan)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan memastikan akan kembali menyelenggarakan program Mudik Bareng Gratis dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444H/2023M.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Iswar Lubis S.SiT MT, mengatakan kegiatan Mudik Bareng Gratis yang diselenggarakan Pemko Medan pada tahun 2023 ini dipastikan akan lebih banyak mengakomodir masyarakat yang ingin mudik dibandingkan tahun 2022 lalu.

Seperti diketahui, tahun 2022 lalu Pemko Medan memberangkatkan 3.500 orang untuk mudik ke sejumlah kabupaten/kota di Sumatera Utara. Sementara untuk tahun ini, Pemko Medan berencana akan meningkatkan jumlah tersebut, yakni dengan memberangkatkan 5.000 orang ke-12 kabupaten/kota tujuan di Sumatera Utara.

"Program ini merupakan komitmen Wali Kota Medan, Bapak Muhammad Bobby Afif Nasution yang sangat peduli terhadap masyarakat Kota Medan maupun yang beraktifitas di Kota Medan. Untuk itu Pak Wali ingin Pemko Medan kembali menggelar program Mudik Bareng Gratis pada tahun ini, bahkan ditingkatkan dari tahun sebelumnya," ucap Iswar Lubis didampingi Sekretaris Suriono, Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Ami Khalis Hasibuan, serta Kabid Sarana Prasarana Angkutan dan Penerangan Gultom R Parlin, Kamis (16/2/2023).

Dijelaskan Iswar, adapun 12 rute yang akan difasilitasi dalam giat mudik gratis tersebut, yakni Medan - Pakpak Bharat, Medan - Sidikalang, Medan - Sibolga, Medan - Sipirok, Medan - Kota Pinang, Medan - Padangsidimpuan, Medan - Tarutung, Medan - Panyabungan, Medan - Natal, Medan - Rantauprapat, Medan - Sibuhuan, dan Medan - Gunung Tua.

"5.000 orang akan kita berangkatkan ke-12 kabupaten/kota tersebut. Berapa orang per kota tujuan belum kita tentukan saat ini, tergantung dari banyaknya permintaan ke masing-masing tujuan. Yang pasti kita batasi maksimal 5.000 orang ke 12 kabupaten/kota itu," ujarnya.

Iswar menerangkan, pemberangkatan Mudik Bareng Gratis oleh Pemko Medan tersebut dijadwalkan akan dilaksanakan pada H-3, H-2 dan H-1 Idul Fitri.

"Keberangkatan akan dilakukan selama 3 hari, yaitu pada H-3, H-2 dan H-1 Idul Fitri," katanya.

Dalam giat Mudik Gratis Bareng tahun ini, sambung Iswar, Pemko Medan akan memfasilitasi para pemudik dengan sejumlah fasilitas, yakni menyiapkan panganan atau takjil untuk berbuka puasa dan fasilitas makan untuk sahur.

"Lalu, seluruh peserta Mudik Bareng Gratis akan mendapat kenang-kenangan berupa pakaian seragam. Nantinya akan kita siapkan seragam untuk para pemudik," sambungnya.

Untuk itu, Iswar mengimbau kepada masyarakat Kota Medan maupun masyarakat luar Kota Medan yang beraktivitas di Kota Medan dan berniat untuk mudik, agar segera mempersiapkan diri untuk mendaftarkan diri. Pasalnya, kuota hanya dibatasi hingga 5.000 orang dan loket pendaftaran akan segera dibuka mulai awal Maret 2023.

Dilanjutkan Iswar, loket pendaftaran akan dibuka di beberapa titik, diantaranya di Kantor Dishub Kota Medan (Jalan Pinang Baris), Pos Dishub Medan di Taman Ahmad Yani (Jalan Imam Bonjol), dan pada UPT Dishub Medan di Terminal Amplas (Jalan Panglima Denai).

"Untuk waktu pendaftaran kita jadwalkan mulai awal Maret 2023. Selain mendaftar langsung di tiga lokasi itu, kita juga akan membuka pendaftaran secara online. Untuk tanggal, tempat pendaftaran ataupun link pendaftarannya, segera akan kita umumkan dalam waktu dekat," pungkasnya. (mar)
Komentar Anda

Terkini