Program Medan Tanpa Kabel Dicanangkan Rampung Tahun Ini

Minggu, 05 Februari 2023 / 15.34

Salah satu ruas jalan dengan kondisi kabel yang terjuntai ke bawah. (ft-istimewa)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Pemerintah Kota Medan akan merencanakan sejumlah ruas jalan rapi dari kabel. Program ini dinamakan Medan Rapi Tanpa Kabel (Merata).

Wali Kota Medan, Bobby Nasution menyebutkan, ada 18 ruas jalan akan bebas kabel melalui program Merata. Program ini ditargetkan akhir tahun ini. Tujuannya, untuk memberikan Kota Medan terkesan lebih bagus dan estetik.

“Tanpa ada kabel yang menguntai di 18 ruas jalan tersebut dapat memberikan kesan estetik terhadap Kota Medan,” tulis Bobby dalam unggahan yang dibagikannya di Instagram.

Program Merata ini akan dikerjakan oleh Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Kontruksi (Dinas SDABMBK) Kota Medan. Bobby juga menyebutkan, program penataan tersebut akan rampung di tahun 2023. “InsyaAllah akan selesai pada tahun ini,” tutupnya.

Pada awal pekerjaan, pembenahan direncakanan akan dilakukan pada 23 ruas jalan. Setelah mempertimbangkan kerumitan dan proses koordinasi dengan pemilik utilitas, maka tahun ini bisa dilakukan di 18 ruas jalan.

Kabel Bawah Tanah

Kepala Dinas SDABMBK, Topan Obaja Putra Ginting menyampaikan, tahun 2022, program memindahkan kabel dari udara ke bawah tanah ini telah dilaksanakan di Jalan Sudirman. Kemudian, akan terus berlanjut ke ruas-ruas jalan lainnya pada 2023 ini.

“Tahun 2022 pekerjaan yang merupakan bagian dari pembenahan SJUT telah kita lakukan di Jalan Sudirman. Kita buat di ruas Jalan tersebut tidak ada lagi tiang dan kabel. Kabel kita tanam di bawah tanah,” ujarnya.

Berikut daftar 18 ruas jalan tersebut, yakni: Jalan Jenderal Sudirman, Jalan P Diponegoro, Jalan Letjend Suprapto, Jalan K H Zainul Arifin, Jalan S Parman, Jalan Gajah Mada, Jalan Pemuda, Jalan Imam Bonjol, Jalan Wolter Mongonsidi, Jalan Palang Merah, Jalan Raden Saleh.

Kemudian, Jalan Ir H Juanda, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Iskandar Muda, Jalan Katamso, Jalan Kapten Maulana Lubis, Jalan Putri Hijau dan Jalan Guru Patimpus.(mc)

Komentar Anda

Terkini