Resepsi Harlah Satu Abad NU di Deli Serdang Berlangsung Meriah

Minggu, 19 Februari 2023 / 17.31

Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan dan Wakil Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar menghadiri Harlah Satu Abad Nadhlatul Ulama. (ft-kominfo deli serdang)

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM - Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan dan Wakil Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar menghadiri resepsi Peringatan Hari Lahir (Harlah) Satu Abad Nahdlatul Ulama yang  diselenggarakan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Deli Serdang di Convention Hall Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang, Lubuk Pakam, Sabtu (18/2/2023),  pukul 14.00 WIB.

Resepsi Harlah Satu Abadd NU yang mengusung tema, "Mendigdayakan Nahdlatul Ulama, Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru" tersebut berlangsung meriah dengan diisi berbagai pertunjukan, seperti kolosal Fitrah ke-NU-an, penayangan video ucapan Harlah NU, Selawat Asghyl, Mahalul Qiyam Harlah Satu Abad NU, pengumuman dan penyerahan hadiah PCNU Award Tahun 2023, penyerahan hibah tanah atas nama Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan yang saat ini sudah dibangun Kantor PCNU dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) 1 NU Deli Serdang kepada Ketua PCNU Deli Serdang, penyerahan hibah tanah atas nama anggota DPRD Deli Serdang yang juga Mustasyar NU Deli Serdang, H Said Hadi SE seluas 6.600 Meter persegi yang diperuntukan untuk membangun Sekolah Menengah Pertama (SMP) 2 NU Deli Serdang di Tanjung Morawa dan ditutup dengan mendengarkan Mau’izhatul Hasanah oleh Wakil Ketua Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, KH Misbahul Munir Kholil MA.

Pada kesempatan tersebut, Bupati mengatakan NU merupakan organisasi kemasyarakatan dan keagamaan Islam terbesar di indonesia, bahkan di dunia. Memiliki jumlah anggota yang besar serta kiprahnya telah mendunia. Dalam perjalanan sejarahnya, NU telah mengambil peran penting dan strategis dalam bidang keagamaan dengan mengusung Islam berpaham Ahlussunnah Waljamaah yang Rahmatan Lil Alamin. NU telah menjadi pembimbing dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.  

"Kita memperingati Harlah Satu Abad Nahdlatul Ulama. Izinkan saya atas nama pemerintah Kabupaten Deli Serdang menyampaikan terimakasih kepada NU. Terimakasih dan hormat kepada para ulama pendiri NU, para pegiat dan pendukung NU, para ulama dan para pendukung ulama," ungkap Bupati.

"Mari kita sambut seruan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Dr KH Yahya Cholil Staquf, kita siap memasuki abad kedua NU. Wahai Nahdlatul Ulama, dengan sepenuh keyakinan, berharap ridha Allah SWT, semua kita siap memasuki abad kedua NU," sambung Bupati.

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sumatera Utara, H Marahalim Harahap, SAg MHum, menjelaskan abad kedua akan menyongsong masa depan Nahdlatul Ulama. 

"Berharap kita semua bisa mewarnai, seperti di dalam Mukadimah Qonun Asasi yaitu menjadikan Islam sebagai napas kehidupan, menjadikan Ijma’ dan Qiyas sebagai inspirasi berpikir dalam hal mengembangkan ajaran Islam. Kita berhadapan dengan zaman serba cepat. Tentulah kecepatan zaman tersebut harus kita kawal sedemikian rupa agar anak cucu dan kita ke depan bisa melaluinya dengan tetap berpedoman pada Al Qur’an dan Hadist Ijma’ dan Qiyas," harapnya.

Sebelumnya, Ketua PCNU Deli Serdang, H Timur Tumanggor SSos MAP mengatakan salah satu hasil Muktamar ke-32 NU di Makassar, menetapkan Harlah NU dihitung dan diperingati berdasarkan Tahun Hijriyah. 

Sebagaimana diketahui, NU berdiri pada 16 Rajab 1344 Hijriyah, sehingga pada 16 Rajab 1444 Hijriyah/7 Februari 2023 telah berusia satu Abad.

"Dengan melihat perhelatan akbar harlah di Sidoarjo beberapa waktu lalu telah menggetarkan hati kami dan meninggalkan kesan begitu mendalam bagi warga NU untuk melaksanakan kegiatan resepsi Harlah di Kabupaten Deli Serdang semaksimal mungkin," kata Timur Tumanggor yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Deli Serdang.

H Timur Tumanggor juga menerangkan antusias dan ghirah warga NU sangat luar biasa dalam menyambut dan mensyiarkan Harlah Satu Abad tersebut.

"Patut kita syukuri, apalagi dengan viralnya Selawat Asygil yang merupakan kegitan rutin warga NU telah menginspirasi kami. Untuk mengemas acaranya sebaik mungkin, sehingga warga yang hadir sebanyak lebih kurang 10 ribu orang dapat merasakan kehebatan NU itu sendiri," sebut H Timur Tumanggor.

Pascaresepsi Harlah Satu Abad ini diharapkan bisa melahirkan spirit baru, membuat NU menjadi hebat, lebih bergeliat dan membuat kegiatan-kegiatan yang bisa menghidupkan organisasi di seluruh tingkatan. Menambah ghirah dalam meraih ridha Allah SWT, mengambil bagian dalam menjadikan Deli Serdang yang maju dan Sejahtera dengan masyarakatnya yang relegius dan rukun dalam kebhinekaan dengan bingkai faham ahlussunnah wal jamaah.

Ketua Panitia Resepsi Harlah yang juga Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs Citra Effendi Capah MSP, menyampaikan acara tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) PCNU Deli Serdang No.001/PC.A/III/DS/2023 Tanggal 10 Januari 2023, Tentang Pembentukan Panitia Harlah Satu Abad NU, PCNU Deli Serdang dan hasil resepsi Harlah Satu Abad NU, pada  7 Februari 2023 lalu di Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur.

Panitia Harlah Satu Abad NU, sebutnya, sebelumnya telah melaksanakan berbagai kegiatan, antara lain melaksanakan istgasah di seluruh Majelis Wakil Cabang (MWC)NU kecamatan, penilaian MWC NU terbaik melalui kegiatan PCNU Award II Tahun 2023, ziarah dan safari ke para ulama, melaksanakan anjang sana ke pimpinan Thoriqoh Naqsabandiyah dan lima pondok pesantren berbasis aswaja, telah dilaksanakan peresmian nama Jalan KH Hasyim Asy’ari di Lubuk Pakam oleh Bupati Deli Serdang dan pawai Badan Otonomi (Banom) yang diikuti 3.000 Peserta yang dilepas Bupati Deli Serdang.

Hadir pula di acara tersebut, Ketua TP PKK Kabupaten Deli Serdang, Ny Hj Yunita Ashari Tambunan; Wakil Ketua TP PKK Deli Serdang, Ny Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar;  Ketua Dharmawanita Persatuan, Ny Hj Boya Yanti Timur Tumanggor; Habib Ahmad bin Idrus Al Madihij; Rois Syuriah PWNU Sumatera Utara, Dr. H. Abdul Hamid Ritonga MA; Rois Syuriah PC NU Deli Serdang yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Deli Serdang, KH Amir Panatagama SpdI beserta pengurus; Anggota DPRD Sumatera Utara, Hj Anita Lubis; Ketua Muslimat NU Deli Serdang yang juga anggota DPRD Deli Serdang, Dra Hj Wastianna Harahap beserta pengurus; anggota DPRD Deli Serdang, H. Said Hadi SE dan H. Rahmadsyah SH; Pengurus BPP Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara (UNUSU), H Syahrial Tambunan MBA; unsur Forkopimda,  para staf ahli, asisten, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), kepala bagian (kabag), Camat, Pimpinan Pondok Pesanteran, Ormas Islam, Ormas Wanita Islam dan Ormas Pemuda Islam. (lbs)

Komentar Anda

Terkini